Ini Urutan Gejala Covid-19 yang Muncul Setelah Terinfeksi

Kamis, 04 Februari 2021 - 18:30 WIB
loading...
Ini Urutan Gejala Covid-19 yang Muncul Setelah Terinfeksi
Banyak dari gejala ini yang ditemukan sebagai tanda pertama infeksi, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang urutan munculnya gejala Covid-19. / Foto: Ilustrasi/HealthCentral
A A A
JAKARTA - Covid-19 menimbulkan gejala yang sangat beragam. Di mana beberapa orang mengalami asimtomatik atau tidak memiliki gejala, sementara yang lain menunjukkan gejala yang parah, sehingga mereka perlu dirawat di rumah sakit untuk perawatan.

Baca juga: Ini Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan Sakit Kepala karena Covid-19

Belakangan ini, gejala Covid-19 juga ditemukan semakin beragam. Awalnya, hanya tiga gejala yaitu demam, batuk, dan sesak napas yang dilaporkan. Namun, seiring waktu, daftarnya bertambah panjang dan gejala lain ditambahkan ke dalamnya.

Faktanya, banyak dari gejala ini yang ditemukan sebagai tanda pertama infeksi, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang urutan munculnya gejala Covid-19 . Namun, para ahli telah menemukan pola dan urutan munculnya gejala tersebut.

Berikut urutan gejala Covid-19 muncul setelah terinfeksi seperti dilansir Times Now News.

1. Gejala pertama - Demam

Demam adalah gejala pertama yang diderita sebagian besar pasien Covid-19. Anda cenderung mengalami demam dalam beberapa hari setelah terkena virus.

2. Gejala kedua - Batuk

Karena virus corona baru masuk ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut, gejala kedua yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini adalah batuk. Batuk akibat Covid-19 biasanya bersifat kering.

3. Gejala ketiga - Kehilangan Rasa dan Bau

Hilangnya rasa dan bau telah dilaporkan sebagai salah satu tanda awal penyakit Covid-19. Karena virus corona baru memasuki tubuh melalui hidung atau mulut, kemungkinan besar akan memengaruhi gejala penciuman dan sensasi penciuman serta rasa.

4. Gejala keempat - Sakit Tenggorokan, Sakit Kepala, Nyeri Otot

Nyeri otot, sakit tenggorokan dan sakit kepala terjadi saat virus masuk ke dalam tubuh dan mulai berkembang biak. Virus dapat menyebabkan peradangan, yang menyebabkan rasa sakit seperti itu.

5. Gejala kelima - Diare

Diare dialami sebagai akibat dari virus yang mempengaruhi sistem pencernaan, dan usus. Diare karena Covid-19, bersama dengan gejala lain dapat mengonfirmasi bahwa Anda telah terinfeksi virus dan harus menjalani tes lebih awal.

Meskipun ini adalah urutan paling umum seseorang pernah mengalami gejala Covid-19, namun urutannya dapat bervariasi karena infeksi berbeda dari satu orang ke orang lain. Selain itu, ini bukan satu-satunya gejala Covid-19.

Baca juga: Wanita yang Mengidap Diabetes saat Hamil, Berisiko Kena Penyakit Jantung di Masa Tua

Adapun gejala tidak umum lainnya seperti sakit mata, tangan, luka kaki, dan lain-lain juga dialami oleh beberapa orang di seluruh dunia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)