Ada 4000 Varian Virus yang Menyebabkan Covid-19 ‘Menyerang’ Dunia

Sabtu, 06 Februari 2021 - 10:06 WIB
loading...
Ada 4000 Varian Virus yang Menyebabkan Covid-19 ‘Menyerang’ Dunia
Ada sekitar 4.000 varian virus yang menyebabkan COVID-19 di seluruh dunia. Ribuan varian ini telah didokumentasikan saat virus tersebut bermutasi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ada sekitar 4.000 varian virus yang menyebabkan COVID-19 di seluruh dunia. Hal ini membuat produsen vaksin, termasuk Pfizer Inc dan AstraZeneca Plc mencoba meningkatkan kemampuan mereka mengatasi masalah tersebut.

Ribuan varian jenis virus corona baru yang menyebabkan COVID-19 telah didokumentasikan saat virus tersebut bermutasi, termasuk di antaranya varian virus Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil yang menyebar lebih cepat daripada varian yang lain.



"Sangat kecil kemungkinannya bahwa vaksin saat ini tidak akan efektif pada varian apakah di Kent atau varian lain terutama dalam hal penyakit parah dan rawat inap," kata Menteri Penyebaran Vaksin Inggris, Nadhim Zahawi kepada Sky News dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (6/2).

"Semua produsen, Pfizer-BioNTech, Moderna, Oxford-AstraZeneca dan lainnya sedang mencari cara bagaimana mereka dapat meningkatkan vaksin mereka untuk memastikan bahwa kita siap untuk varian apapun - saat ini ada sekitar 4.000 varian COVID di seluruh dunia," lanjutnya.

Para ilmuwan khawatir virus corona baru yang terus berkembang dapat belajar menghindari kekebalan yang dipicu oleh vaksin. Varian utama yang mengkhawatirkan saat ini adalah B.1.1.7, ditemukan di Inggris, B.1.351 yang muncul di Afrika Selatan dan P.1 dari Brasil.

Varian Afrika Selatan dan Brasil sama-sama membawa mutasi yang disebut E484K, yang mengubah protein lonjakan virus dengan cara yang membuat vaksin menjadi kurang efektif. Tetapi banyak ahli mengungkapkan bahwa vaksin COVID-19 saat ini masih berfungsi dan tidak akan dianggap sama sekali tidak berguna.



Dalam upaya untuk mengatasi ancaman varian virus, produsen vaksin mengatakan bahwa mereka sudah berupaya memperbarui vaksin mereka karena mereka harus sangat spesifik untuk menawarkan bentuk perlindungan terbaik.

Dilansir dari Daily Mail, namun, seorang pakar menolak 4.000 klaim tersebut dan mengatakan bahwa Zahawi bingung antara varian dan mutasi individu. Tidak setiap mutasi adalah varian.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)