Waspada! Emosional Bisa Pengaruhi Sakit Punggung

Rabu, 10 Februari 2021 - 13:01 WIB
loading...
Waspada! Emosional Bisa Pengaruhi Sakit Punggung
Para ahli percaya emosi negatif dapat memengaruhi nyeri punggung bawah dan berhipotesis bahwa meditasi adalah obat untuk menghilantgkan rasa sakit. Foto/Istomewa.
A A A
JAKARTA - Sakit punggung bisa menyerang kapan saja dan bisa berdampak negatif pada kehidupan seseorang. Para ahli percaya emosi negatif dapat memengaruhi nyeri punggung bawah dan berhipotesis bahwa meditasi adalah obat yang lebih baik daripada obat penghilang rasa sakit.

Faktor emosional yang dapat meningkatkan risiko sakit punggung seseorang menjadi kronis meliputi, percaya bahwa rasa sakit dan aktivitas itu berbahaya. Ini merupakan keyakinan seseorang, tetapi bisa diperkuat oleh anggota keluarga yang berusaha melindungi mereka.



Selain itu, tindakan negatif dapat memperkuat keyakinan bahwa seseorang sedang tidak sehat, misalnya, berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama. Memiliki suasana hati yang rendah atau negatif, depresi, kecemasan atau stres. Memiliki harapan rendah tentang seberapa baik pengobatan akan berhasil.

Faktor lainnya berupa mengandalkan terlalu banyak pada perawatan pasif atau tidak mengharapkan seseorang melakukan apa pun, seperti obat penghilang rasa sakit, kompres panas dan dingin, pijat dan elektroterapi. Orang dapat mencari dukungan psikologis untuk membantu pemulihan punggung mereka.

National Health Service (NHS) merekomendasikan untuk mencoba terapi perilaku kognitif (CBT), yang bisa menjadi bagian pengobatan berguna jika seseorang sedang berjuang untuk mengatasi rasa sakit mereka. CBT, bersama dengan teknik kesadaran, telah terbukti membantu sakit punggung kronis.

Dilansir dari Express, Rabu (10/2) dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Jama Network, efek pengurangan stres berbasis kesadaran vs terapi perilaku kognitif pada nyeri punggung dianalisis.

Daniel C. Cherkin, Ph.D., dari Group Health Research Institute, Seattle, dan rekannya secara acak menugaskan 342 orang dewasa berusia 20 hingga 70 tahun dengan nyeri punggung bawah kronis untuk menerima MBSR, terapi perilaku kognitif, atau perawatan biasa.

Studi tersebut mencatat CBT dan MBSR diberikan dalam delapan kelompok setiap dua jam mingguan. Perawatan biasa termasuk perawatan lain apa pun, jika ada, yang diterima peserta. Usia rata-rata peserta adalah 49 tahun dengan durasi rata-rata sakit punggung adalah 7,3 tahun.

Para peneliti menemukan bahwa pada 26 minggu, persentase peserta dengan perbaikan yang bermakna secara klinis pada ukuran keterbatasan fungsional lebih tinggi pada mereka yang menerima MBSR (61%) dan CBT (58%) daripada untuk perawatan biasa (44%).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)