Konsumsi Jus Daun Pepaya dan Dapatkan 5 Manfaat Kesehatan Ini

Kamis, 18 Februari 2021 - 09:04 WIB
loading...
Konsumsi Jus Daun Pepaya dan Dapatkan 5 Manfaat Kesehatan Ini
Jus daun pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Tak hanya buahnya yang lezat dan mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi jus daun pepaya juga tidak kalah sehat.

Jus daun pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang membantu pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya. Senyawa alkaloid di dalamnya bekerja efektif melawan ketombe dan kebotakan. Daunnya mengandung vitamin A, C.E, K dan B.

Dilansir dari Times of India, berikut 5 manfaat kesehatan dari jus daun pepaya :

1. Dapat mengobati gejala demam berdarah
Jus daun pepaya paling sering digunakan untuk mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah. Gejala umum demam berdarah meliputi demam, kelelahan, sakit kepala, mual, ruam kulit, dan muntah.

Dalam beberapa kasus yang parah, hal itu juga dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit, yang dapat meningkatkan risiko pendarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani.

2. Dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah
Jus daun pepaya sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kadar gula darah . Studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pepaya penuh dengan antioksidan dan efek penurun gula darah .

Ini membantu dengan melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. Tapi belum ada penelitian yang sama dilakukan pada manusia.



3. Mendukung kesehatan pencernaan
Teh daun pepaya digunakan untuk meringankan gejala pencernaan seperti gas, kembung dan mulas. Daun pepaya mengandung serat yang menunjang kesehatan pencernaan. Ini dapat memecah protein besar menjadi lebih kecil dan lebih mudah untuk mencerna protein dan asam amino.

Ini juga membantu dalam mengobati masalah seperti sembelit, mulas dan mengurangi gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar. Temuan ini terbatas pada laporan anekdot dan tidak ada jaminan bahwa ini akan meningkatkan pencernaan Anda. Tapi tidak ada salahnya mencoba.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)