Pemerintah dan Swasta Berkolaborasi Tingkatkan Potensi Sampah sebagai Sumber Energi Terbarukan

Kamis, 04 Maret 2021 - 17:59 WIB
loading...
A A A
Dalam kerja sama ini, Unilever Indonesia berperan mengumpulkan dan mengangkut sampah terolah paskakonsumsi sebagai bahan baku RDF. Sementara yang berperan memproses sampah tersebut guna menghasilkan RDF berkualitas adalah PT Solusi Bangun Indonesia.



“Kami memanfatkan bahan bakar alternatif dari sampah yang dihasilkan dari fasilitas pengolahan sampah atau RDF milik Pemerintah Kabupaten Cilacap sebagai langkah nyata PT Solusi Bangun Indonesia membantu menjaga lingkungan agar tetap berkelanjutan serta menciptakan ekonomi sirkular. Unilever Indonesia berperan membantu Pemerintah Cilacap dalam pengumpulan dan pengangkutan sampah terolah paskakonsumsi sebagai bahan baku RDF, sementara kami yang memproses sampah tersebut guna menghasilkan RDF berkualitas yang kemudian diserap oleh sejumlah pabrik kami sebagai sumber energi ramah lingkungan," papar Direktur Manufaktur PT Solusi Bangun Indonesia Lilik Unggul Raharjo.

Fasilitas RDF Jeruk Legi Cilacap saat ini berpotensi menyerap 73.000 ton sampah per tahun untuk diubah menjadi energi terbarukan. Dengan semangat #MariBerbagiPeran Sayangi Bumi yang digaungkan PT Unilever Indonesia, ketiga pihak tersebut mengukuhkan kerja sama mereka pada Rabu (3/3) guna mengatasi masalah sampah kemasan plastik di bagian hilir pengolahan sampah.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)