Arzeti Bilbina Ungkap Peran Aktif dan Partisipatif Perempuan di Parlemen

loading...
Arzeti Bilbina Ungkap Peran Aktif dan Partisipatif Perempuan di Parlemen
Sejumlah anggota parlemen perempuan menghadiri pembukaan pameran foto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin. Foto/Istimewa
JAKARTA - Momentum peringatan Hari Perempuan Internasional kemarin dimanfaatkan oleh mantan model yang kini berkiprah di parlemen, Arzeti Bilbina, untuk mengingatkan kembali pentingnya peran serta kaum hawa di berbagai sektor, khususnya budaya dan politik.

Arzeti mengatakan, sejak dulu perempuan sudah berjuang untuk mendapatkan kesetaraan hak. Perempuan terlibat aktif dalam memperjuangkan banyak hal seperti upah yang layak, partisipasi dalam pemilihan umum, hingga menjadi pejabat publik.

Baca Juga: International Women's Day, Chelsea Islan Serukan Perlunya Banyak Tokoh Perempuan Inspiratif


"Dari kerja keras itulah kaum perempuan saat ini dapat memperoleh hak-hak tersebut," kata politisi dari PKB itu.

Terkait posisinya kini sebagai wakil rakyat, Arzeti ingin menunjukkan peran penting perempuan di parlemen yang semakin aktif dan partisipatif. Terbukti, untuk jabatan anggota DPR periode2019-2024, total anggota dewan perempuan mencapai 118 orang. Selain itu, pada periode kali ini, untuk pertama kali Ketua DPR RI juga dijabat oleh sosok perempuan.

"Kita memperingati Hari Perempuan Internasional, di mana kita diingatkan bagaimana sejarah perempuan mendapatkan kesetaraan hak, baik dari segi budaya maupun politik," kata Arzeti.



Kiprah perempuan di parlemen ditunjukkan pula oleh Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP-RI) melalui bidang seni. Kemarin, dalam rangka Hari Perempuan Internasional, KPP-RI menggelar pameran foto dantalkshowyang mengambil tema "Kiprah Perempuan Parlemen, Jalan Harapan Bangsa". Pameran foto berlangsung di selasar Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Dian Sastrowardoyo Terima Penghargaan dari Kemen PPPA

Arzeti yang menjadi ketuapanitia acara sekaligus anggota KPP-RI mengatakan, melalui pameran foto yang berlangsung pada 8-18Maret 2021 ini dapat dihadirkan para legislastor perempuan dalam berbagai sudut pandang. Ia berharap, pameran foto tersebut dapat menginspirasi seluruh masyarakat terkait kesetaraan gender sekaligus menjadi api semangat dalam menegakkan keadilan gender.

Pembukaan pameran foto Kaukus Perempuan Parlemen ini turut dihadiri Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani beserta Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Abdul Muhaimin Iskandar. Selain itu hadir pula Ketua Presidium KPP-RI Diah Pitaloka, Sekjen KPP-RI Luluk Nur Hamidah, dan seluruh anggota parlemen perempuan lain.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top