Begini Cara Atasi Efek Samping Vaksin COVID-19

Selasa, 16 Maret 2021 - 04:23 WIB
loading...
Begini Cara Atasi Efek Samping Vaksin COVID-19
Foto Ilustrasi. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Vaksin COVID-19 bisa menyebabkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau yang sering disebut KIPI. KIPI pada umumnya berdampak ringan seperti bengkak kemerahan bekas suntikan atau demam. Hal ini normal sebagai tanda vaksin bekerja.

Manfaat vaksin jauh lebih besar dari KIPI itu sendiri, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.



"Yang perlu masyarakat ketahui, manfaat vaksinasi jauh lebih besar dari efek sampingnya. KIPI itu mayoritas bersifat ringan seperti bengkak kemerahan di bekas suntikan, kemudian ada demam sebagai tanda vaksinnya bekerja," jelas Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD beberapa waktu lalu.

Beruntung efek samping tersebut tidak bertahan lama. Efek samping vaksinasi segera sembuh dalam waktu satu sampai dua hari. Ada beberapa cara mudah untuk mengatasi efek samping ini. Berikut ulasannya, seperti dilansir dari laman Today, Senin (15/3).

1. Nyeri di Tempat Suntikan

Meskipun sakit lengan setelah suntik biasanya bukan masalah besar, hal itu bisa saja mengganggu. Kabar baiknya, rasa sakit itu adalah tanda bahwa tubuh mengembangkan respons kekebalan terhadap vaksin.

Untuk mengobati rasa sakit, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) menyarankan untuk mengoleskan kain lap bersih, dingin dan basah ke bekas tempat suntikan. Kompres hangat juga dapat membantu mengatasi nyeri.

"Cobalah untuk menggerakkan lengan Anda. Tetap diam hanya akan meningkatkan nyeri otot," kata Dr. Allison Agwu, MD, seorang profesor pediatri yang mengkhususkan diri pada penyakit menular di Johns Hopkins Medicine.

2. Nyeri Otot
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2829 seconds (0.1#10.140)