Agar Tak Lemas Selama Puasa, Lakukan Hal Berikut Ini

Senin, 12 April 2021 - 15:00 WIB
loading...
Agar Tak Lemas Selama Puasa, Lakukan Hal Berikut Ini
Agar Tak Lemas Selama Puasa, Lakukan Hal Berikut Ini. Foto/Hackensack meridian Health.
A A A
JAKARTA - Umat muslim di dunia akan menjalankan ibadah puasa mulai besok, Rabu (13/4). Oleh karena itu, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan apalagi puasa tahun ini masih dalam pandemi Covid-19.

Selain itu, rasa lemas saat puasa tentu tak bisa dihindari. Hal tersebut dapat terjadi karena harus menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam.

Meski demikan, rasa lemas ketika berpuasa merupakan hal yang wajar. Tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Dilansir dari berbagai laman, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak lemas saat menjalankan puasa.



1. Hindari minuman kafein

Hindari minum kafein sebelum tidur malam, karena itu akan membuat Anda sulit tidur. Akibatnya tubuh akan kurang energi karena tidur yang tidak berkualitas.

2. Perhatikan asupan makanan

Ketika berbuka puasa bukan berarti bebas mengonsumsi makanan apa saja, perhatikan asupan yang dikonsumsi agar tidak lemas. Anda bisa menghindari makanan berbahan dasar tepung, gula, yang dapat membuat mudah lelah. Sebagi gantinya, perbanyak konsumsi sayuran dan buah.



3. Olahraga

Olahraga akan membuat tubuh lebih bertenaga saat beraktivitas dalam waktu yang cukup lama. Dalam seminggu, setidaknya disarankan untuk berolahraga dua setengah jam dimana Anda bisa gunakan waktu sebelum berbuka puasa.

4. Tidur cukup

Istirahat yang cukup dapar membuat tubu tetap bugar. Kualitas tidur juga bisa Anda dapatkan dengan mandi air hangat.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)