Waspada! Tidur Setelah Sahur Sebabkan Gemuk hingga Stroke

Sabtu, 17 April 2021 - 14:52 WIB
loading...
A A A
3. Gangguan saluran pencernaan

Normalnya, pengosongan lambung manusia berlangsung sekira dua jam setelah makan. Namun, posisi berbaring saat kita tidur dapat menghambat proses pengosongan lambung.

Jika hal ini terus-menerus terjadi, maka gangguan pencernaan seperti diare ataupun sembelit dapat terjadi. Tergantung bahan makanan apa yang masuk ke dalam perut, oleh karena itu untuk menghindari makanan akan lemak, gula dan kafein dalam menu sahur. Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran, agar proses pencernaan semakin lancar.



4. Rentan stroke

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang paling ditakuti oleh manusia, stroke dibagi menjadi dua bagian yaitu stroke penyumbatan dan stroke pendarahan. Jenis yang berhubungan dengan kebiasaan tidur setelah sahur adalah stroke penyumbatan, alasannya dikarenakan bahwa saat tidur aliran darah ke otak harus tetap terjaga sesuai kebutuhan.

Apabila lambung sedang menjalankan kegiatan yaitu menggiling makanan, maka suplai aliran darah akan menjadi terbagi. Dalam jangka panjang jika kebiasaan ini terus dilakukan, otak dapat kekurangan oksigensehingga mengakibatkan stroke.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3847 seconds (0.1#10.140)