Begini Tips Berpuasa yang Sehat untuk Penderita Diabetes

Minggu, 18 April 2021 - 11:03 WIB
loading...
A A A
Tetapi pada penderita diabetes sebaiknya dari manis buah atau susu khusus diabetes, untuk memenuhi kebutuhan glukosa dan menormalkan gula darah yang menurun selama berpuasa. Jumlah kalori yang di anjurkan sekitar 10 persen dari total kebutuhan energi tubuh kita.



Setelah berbuka puasa dan setelah shalat magrib biasanya dilakukan makan utama. Disarankan tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan kalori berlebih dan mengakibatkan terjadinya obesitas. Jumlah kalori yang di disarankan sekitar 40 persen dari total kebutuhan energi tubuh. "Selingan makan setelah salat tarawih bisa di lakukan dengan jumlah kalori 10 persen dari total kebutuhan energi," tutur Diane.

Melakukan hal pengecekan gula darah secara reguler guna mendapatkan konsultasi dari dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak merupakan tips penting yang harus diketahui pengidap diabetes. Hal ini guna mencegah kondisi semakin memburuk dan cepat mendapatkan penanganan serta arahan.

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes harus tetap melakukan aktivitas fisik untuk memperbaiki resistensi insulin dan juga berperan penting dalam keseimbangan zat gizi. Olahraga berat tidak dianjurkan dan sebaiknya melakukan olah raga ringan sekitar 30 menit sekitar 2-3 jam sebelum berbuka puasa atau setelah shalat taraweh. "Semakin sedikit bergerak harus semakin sedikit makan," tutupnya.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)