7 Makanan Sehat Ini Rupanya Tidak Baik untuk Penderita Diabetes

Rabu, 17 Maret 2021 - 08:38 WIB
loading...
7 Makanan Sehat Ini Rupanya Tidak Baik untuk Penderita Diabetes
Beberapa makanan, meskipun tampak sehat, dapat memperburuk diabetes. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Diabetes adalah penyakit kronis atau kondisi seumur hidup di mana tubuh seseorang menjadi tidak mampu membuat atau menggunakan insulin secara efektif.

Kondisi tersebut juga disebut sebagai resistensi insulin. Mengelola diabetes bergantung pada banyak faktor, tapi diet memainkan peran penting. Masalah utama yang sering dihadapi penderita diabetes adalah pilihan makanan.

Beberapa makanan, meskipun tampak sehat, mengandung lemak jenuh yang tinggi, tambahan gula dan karbohidrat dan dapat memperburuk diabetes dengan meningkatkan kadar gula dan kolesterol dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi seperti obesitas dan penyakit jantung.

Menghindari makanan tidak sehat ini atau memilih alternatif makanan yang sehat adalah cara terbaik untuk mengelola diabetes dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Dilansir dari Boldsky, 7 makanan sehat yang tidak baik untuk dikonsumsi penderita diabetes :

1. Nasi
Beras diperkaya dengan vitamin, mineral dan serat. Diketahui untuk meningkatkan energi, meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi masalah kulit dan mengurangi peradangan di tubuh. Namun, beras mengandung lebih banyak karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Bagi penderita diabetes , pilih nasi merah akan jauh lebih baik karena lebih sehat daripada nasi putih.

2. Kopi
Kopi dikenal dapat meningkatkan kinerja fisik, membakar lemak, serta meningkatkan fokus dan konsentrasi karena adanya nutrisi penting seperti riboflavin, mangan, dan kalium. Namun, kopi yang dicampur dengan sirup, gula, krim kocok harus dihindari. Minum secangkir kopi hitam panas tanpa gula adalah pilihan yang lebih baik.



3. Pisang
Pisang kaya kalium, vitamin B6, magnesium, vitamin c , dan serat. kandungan nutrisi tersebut menyehatkan jantung dan kaya antioksidan. Namun, pisang matang mengandung sekitar 16 persen lebih banyak kandungan gula daripada pisang mentah yang dapat memengaruhi kadar insulin penderita diabetes .

4. Unggas
Unggas seperti ayam dan telur adalah makanan yang sehat karena kaya akan protein dan vitamin. Namun, saat ayam dan telur digoreng, kandungan lemaknya bisa meningkat yang bisa meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Oleh karena itu, lebih baik daging tanpa lemak daripada potongan daging tebal dan sebaiknya pilihlah daging yang dipanggang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1477 seconds (0.1#10.140)