Covid-19 pada Anak Jangan Diremehkan Karena Berisiko Sebabkan Kematian

Kamis, 22 April 2021 - 14:10 WIB
loading...
Covid-19 pada Anak Jangan Diremehkan Karena Berisiko Sebabkan Kematian
Anak-anak juga berisiko terpapar Covid-19, penerapan protokol kesehatan pada anak tak boleh lengah. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Covid-19 menyerang tanpa pandang bulu. Penyakit ini menginfeksi manusia tanpa melihat usia, ras dan jenis kelamin, tak terkecuali pada anak-anak yang berusia 0-18 tahun. Lantas seberapa besar risiko anak terinfeksi Covid-19?

Menjawab hal tersebut Konsultan respirologi anak dari Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K), menjelaskan bahwa anak-anak juga memiliki risiko yang cukup besar terinfeksi Covid-19.

“Meskipun persentasenya lebih sedikit dibandingkan orang dewasa, namun angka proporsi pada anak saat ini sudah cenderung stabil di Indonesia mencapai 12 persen, atau sekira 200 ribu anak usia 0-18 tahun yang terkena Covid-19,” terang dr. Nastiti, saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (22/4/2021)

Baca Juga : Puasa Bisa Sebabkan Dehidrasi, Penting Penuhi Asupan Cairan

Dokter Nastiti menjelaskan bahwa waktu awal pandemi, proporsi anak terinfeksi Covid-19 memang agak rendah. Hal ini disebabkan karena anak jarang melakukan aktivitas keluar rumah dan sekolahnya juga banyak dilakukan secara online.

Selain itu anak juga memiliki reseptor yang berperan pada Covid-19 lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa. Meski demikian, saat ini proporsi infeksi Covid-19 pada anak di Indonesia justru cenderung stabil.

“Anak itu bisa terkena Covid-19 apabila mereka tertular dari orang dewasa ataupun bisa tertular dari anak lainnya. Jadi ketika anak tersebut tertular Covid-19, ia bisa menularkan ke orang lain, termasuk ke orang dewasa dan mereka juga bisa mengalami perburukan yang menyebabkan kematian,” lanjutnya.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan Satgas Covid-19 , anak Indonesia usia 0-18 tahun yang meninggal karena Covid-19 itu sudah 572. Angka ini menunjukkan bahwa cukup banyak juga anak-anak yang meninggal akibat Covid-19.

Baca Juga : Bermutasi atau Tidak, Covid-19 Tetap Mampu Membuat Gejala yang Parah

“Jadi masyarakat tidak boleh meremehkan Covid-19 pada anak. IDAI saat ini sudah sangat sering diajak rapat dengan menteri pendidikan untuk persiapan tahun ajaran baru sebagai pertimbangan anak itu bisa terinfeksi Covid-19 dan mengalami perburukan hingga meninggal dan menularkan ke anak serta orang dewasa lain,” tuntasnya.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)