Terdengar Kurang Menarik, Mandi Air Dingin Ternyata Punya Berbagai Manfaat

Sabtu, 24 April 2021 - 02:43 WIB
loading...
Terdengar Kurang Menarik, Mandi Air Dingin Ternyata Punya Berbagai Manfaat
Mandi air dingin memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membuat tidur berkualitas, dan beberapa manfaat lainnya. / Foto: ilustrasi/Quora
A A A
JAKARTA - Mandi air dingin mungkin terdengar kurang menarik, tetapi memiliki segudang manfaat mengejutkan yang akan mengubah pikiran Anda setelah mencobanya.

Baca juga: Gandeng Bunga Citra Lestari, NOAH Rilis Mencari Cinta

Mandi air dingin memiliki banyak manfaat termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh , membuat tidur berkualitas, mempercepat metabolisme, meningkatkan kesuburan, meningkatkan energi, dan bahkan membuat anda tampak lebih menarik. Dilansir dari 33fuel, berikut 9 manfaat mandi air dingin.

1. Meningkatkan sistem imun

Mandi air dingin dapat membantu sistem kekebalan anda dengan beberapa cara. Paparan air dingin memicu pelepasan norepinefrin anti-inflamasi yang bermanfaat untuk tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa perenang air dingin memiliki adaptasi yang lebih baik terhadap stres oksidatif, dan penelitian lain menjelaskan, berenang di air dingin dapat meningkatkan toleransi tubuh.

2. Mempercepat metabolisme

Orang yang mandi air dingin setiap hari menunjukkan peningkatan metabolisme yang mengaktivasi jaringan lemak baik, yang digunakan untuk menghasilkan panas dan melindungi kita dari dingin. Ini adalah jenis lemak yang kita butuhkan untuk meningkatkan metabolisme.

3. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi di Belanda telah melalukan penelitian yang melibatkan 3.000 partisipan selama 30 hari. Penelitian itu menemukan bahwa mereka yang tiap hari mandi dengan semburan air dingin selama 30-90 detik, 29% lebih produktif dibandingkan rekan mereka.

4. Meningkatkan pemulihan otot
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)