3 Rekomendasi Resep Kolak untuk Buka Puasa Hari Ini

Sabtu, 24 April 2021 - 14:30 WIB
loading...
3 Rekomendasi Resep Kolak untuk Buka Puasa Hari Ini
3 Rekomendasi Resep Kolak untuk Buka Puasa Hari Ini. Foto/Tastemade.
A A A
JAKARTA - Kolak menjadi takjil pilihan untuk sajian berbuka puasa . Rasanya yang manis, legit dan segar, sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Di luar bulan suci Ramadhan , kolak biasanya disajikan sebagai makanan penutup. Hidangan inijuga mudah dibuatnya yaitu biasanya dengan gula aren atau gula kelapa, santan, dan daun pandan.

Resep kolak memiliki ragam variasi sehingga Anda bisa memilih kolak apa yang ingin Anda konsumsi. Ada kolak pisang, kolak candil, kolak nangka, hingga kolak durian.

Berikut berbagai macam resep kolak yang bisa menjadi rekomendasi takjil hari ini seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/4).

Baca Juga : Buka Puasa dengan Kothokan Pindang, Gurih, Hangat dan Pedas Menggugah Selera

1. Kolak pisang


Bahan:
10 pisang kepok matang
800 ml santan atau 1/2 butir kelapa
150 gram gula aren atau gula merah
65 gram gula pasir
Daun pandan
1 sdt garam
200 ml air
50 gram jahe yang dibakar lalu memarkan

Cara membuat:
Rebus gula aren dengan 200ml air hingga larut, matikan api, kemudian saring dan tuang ke panci. Kemudian tambahkan daun pandan dan garam. Nyalakkan api ukuran sedang lalu masak hingga mendidih. Jika sudah, masukkan pisang, aduk rata hingga pisang berwana kecokelatan kurang lebih selama 2 menit. Kemudian aduk pelan agar pisang tidak hancur.Selanjutnya, tuang santan, gula pasir, dan aduk-aduk hingga mendidih. Saat mengaduk, pastikan santan tidak pecah. Masak dan tunggu hingga matang. Koreksi rasa, matikan api, angkat, dan sajikan.

2. Kolak labu

Bahan:
750 gram labu
5 buah pisang kepok
1 liter air
150 gram gula merah
2 lembar daun pandan
500 ml santan
1/2 sdt garam

Cara membuat:
Potong labu dan pisang menjadi bagian lebih kecil atau sesuai selera. Lalu, rebus air dalam panci bersama gula merah dan daun pandan hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan labu dan pisang, masak hingga setengah matang. Jika sudah, masukkan santan dan garam. Lalu aduk-aduk agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih sampai labu serta pisang menjadi empuk. Setelah itu, angkat, dan sajikan. Tambahkan es batu agar lebih menyegarkan.

Baca Juga : Nikmatnya Es Pisang Ijo Makassar buat Berbuka, Bikin Sendiri Yuk

3. Kolak nangka


Bahan:
1 sisir pisang kepok
7 buah nangka
2 buah gula jawa
2 santan kemasan
2 helai daun pandan
5 sdm gula pasir
1 sdt garam
1 liter air

Cara membuat:
Kupas pisang dan potong-potong. Lalu, suwir nangka yang telah dibuang bijinya menjadi 3-5 bagian. Selanjutnya, masukkan dua buah gula jawa dan 2 helai daun pandan ke dalam 1 liter air. Lalu panaskan selama 3 menit dan saring airnya. Masukkan kembali saringan air gula jawa ke dalam panci. Panaskan kembali bersama buah nangka yang sudah disuwir tadi selama 2 menit. Tambahkan 2 santan kemasan dan aduk selama 1 menit. Saat mengaduk, perhatikan jangan sampai santan pecah. Langkah berikutnya, masukkan pisang kepok yang telah dipotong-potong, tambahkan gula dan garam, aduk selama 4-5 menit. Kolak nangka siap disajikan.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2256 seconds (10.177#12.26)