Selain Operasi, Polip Hidung Bisa Diredakan dengan Herbal Mosehat

Kamis, 22 April 2021 - 06:47 WIB
loading...
Selain Operasi, Polip Hidung Bisa Diredakan dengan Herbal Mosehat
Polip hidung sendiri merupakan jaringan atau sel abnormal yang tumbuh pada saluran pernapasan hidung atau sinus. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sering bersin-bersin, hidung tersumbat hingga produksi lendir berlebih, mengalami penurunan indera penciuman dan indera perasa kurang tajam, gejala semacam ini tidak melulu mengarah pada virus Covid-19 . Bisa jadi kamu menderita penyakit polip hidung.

Baca juga: Adi Taher Tantang Deddy Corbuzier Adu Tinju, Netizen: Tambah Gila

Sebagaimana mengutip laman Alodokter, ciri-ciri lain dari polip hidung adalah mendengkur saat tidur karena polip hidung mengganggu aliran udara dalam saluran napas. Lalu disertai sakit pada kepala atau wajah.

Polip hidung sendiri merupakan jaringan atau sel abnormal yang tumbuh pada saluran pernapasan hidung atau sinus. Bila merasakan gejala seperti di atas, bisa jadi ukuran polip sudah membesar.

Biasanya, polip yang masih kecil tidak menimbulkan gejala. Ada berbagai faktor penyebab penyakit polip hidung, diantaranya peradangan dan pembengkakan pada sinus.

Penyakit asma menjadi salah satu penyebab polip yang paling umum. Melansir dari alodokter.com, penelitian mengungkapkan bahwa penderita asma lebih rentan terkena radang hidung dan sinus yang parah, sehingga menyebabkan polip hidung mudah muncul.

Faktor lainnya adalah rhinitis alergi yakni peradangan dan penyumbatan bagian dalam hidung akibat reaksi alergi pada berbagai alergen seperti debu atau bulu. Selain itu, fibrosis kistik yang merupakan kondisi genetik masuk kategori penyebab polip hidung.

Umumnya polip hidung tidak berbahaya, namun akan bermasalah bila ukurannya membesar. Polip yang membesar akan menimbulkan masalah lainnya seperti infeksi gangguan napas saat tidur atau biasa disebut sleep apnea.

Dalam level gawat, penderita polip parah akan membuat penglihatan berkurang, kesulitan bernapas, pembengkakan parah di sekitar mata. dan gejala semakin memburuk. Tentu saja penyakit ini akan membuat penderitanya merasa tak nyaman dan kesakitan.

Makannya perlu segera diobat. Salah satu cara untuk menghilangkan polip hidung dengan operasi. Cara lainnya dengan mengonsumsi obat kortikosteroid atau yang lebih aman menggunakan obat herbal seperti Mosehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)