Manfaat Sahur Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Dehidrasi!

loading...
Manfaat Sahur Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Dehidrasi!
Sahur sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Makan sahur di bulan Ramadhan dianjurkan bagi umat Islam yang menjalankannya, tidak hanya sekedar kegiatan makan dan minum, sahur juga memiliki banyak manfaat kesehatan saat berpuasa.

Saat sahur, sangat disarankan juga untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan makanan sehat dan perbanyak sayur dan buah agar tidak mengalami dehidrasi hingga lemas.Berikut adalah manfaat sahur bagi kesehatan:

Baca Juga : Jangan Abai Imunitas Tubuh Meski Sudah Divaksinasi

1. Mencegah dehidrasi



Kebutuhan air saat berpuasa sangat penting, anda tetap dianjurkan utnuk minum minimal 8 gelas sehari. Namun, di kebutuhan cairan tubuh itu bisa didapat dari berbagai hidangan. Selain itu, 2 gelas susu segar sehari dapat membantu mengisi kebutuhan cairan tubuh yaitu minimal 8 gelas sehari pada orang normal.

2. Mencegah hipoglikemia

Sangat disarankan untuk menyantap sahur dengan makanan yang mengandung sumber energi seperti karbohidrat, protein, dan lemak, untuk menjaga kestabilan kadar gula darah Anda selama menjalankan puasa.

Baca Juga : Tak Ragu Vaksinasi Semua Anaknya, Zaskia Adya Mecca: Ini Bentuk Ikhtiar Orangtua

3. Menghindari penurunan berat badan yang drastis

Makan sahur juga bermanfaat untuk menghindari penurunan berat badan yang berlebihan selama puasa, selain itu akan sangat berbahaya jika perut anda tidak diisi asupan sama sekali selama 12 jam berpuasa.



4. Mencegah mag

Lambung yang kosong dalam jangka waktu yang terlalu lama juga tidak baik.
Kondisi ini tentunya akan mengganggu kelancaran puasa Anda. Makan sahur penting untuk mengisi lambung dan mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top