Kurang Baik buat Kesehatan, Berikut 5 Tanda Anda Kelebihan Mengonsumsi Garam

Sabtu, 15 Mei 2021 - 02:07 WIB
loading...
Kurang Baik buat Kesehatan, Berikut 5 Tanda Anda Kelebihan Mengonsumsi Garam
Apabila mengonsumsi terlalu banyak garam bisa berbahaya bagi kesehatan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Tubuh memang membutuhkan garam , namun masih dalam batas jumlah tertentu. Apabila mengonsumsi terlalu banyak garam bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Kembali Berjumpa Lebaran, Ustadz Zaki Mirza Lebih Banyak Bersyukur

Menjaga kadarnya adalah hal yang terpenting, sebab garam juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Garam atau sodium, dalam jumlah yang cukup, dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh , dan berperan dalam menjaga fungsi saraf serta otot.

Kendati harus mengonsumsi garam setiap hari, tapi Anda perlu terus memeriksa atau memantau seberapa banyak garam telah dikonsumsi. Organisasi Kesehatan Duni atau WHO menganjurkan untuk membatasi konsumsi garam 2.400mg atau sekitar 1 sendok teh/hari.

Seperti menukil NDTV, berikut 5 tanda bahwa Anda mengonsumsi terlalu banyak garam.

1. Anda sering buang air kecil

Sering buang air kecil adalah tanda bahwa Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam. Seringkali, Anda mungkin terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Namun, ini adalah gejala dari banyak kondisi lain seperti ISK, diabetes tipe 2, dan kandung kemih yang terlalu aktif. Lakukan tes untuk memastikan apa sebenarnya akar masalahnya. Meski demikian, terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menjadi alasannya.

2. Haus yang terus-menerus

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat membuat Anda merasa haus hampir sepanjang waktu. Ini terjadi karena makanan dengan kandungan natrium tinggi mengacaukan keseimbangan cairan tubuh Anda. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan minum banyak air. Tubuh Anda akan terus memberi anda sinyal bahwa ia membutuhkan lebih banyak air untuk memulihkan keseimbangan garam dalam tubuh Anda.

3. Bengkak di tempat yang aneh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)