Ini Beberapa Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Mengonsumsi Kopi

Sabtu, 15 Mei 2021 - 07:17 WIB
loading...
A A A
3. Kafein meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses di mana tubuh membagi nutrisi dan memanfaatkan kalori makanan sepanjang hari. Kafein, stimulan yang ditemukan dalam kopi, adalah salah satu dari sedikit zat yang dapat meningkatkan laju metabolisme basal (BMR), juga dikenal sebagai laju pembakaran kalori saat istirahat.

Sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan bahwa peserta yang minum berbagai ukuran kopi selama dua bulan memiliki metabolit yang lebih besar, produk metabolisme. Metabolisme yang lebih tinggi atau lebih cepat akan memungkinkan anda membakar lebih banyak kalori saat istirahat atau selama aktivitas fisik, dan dapat membantu menurunkan berat badan.

"Ada semakin banyak penelitian tentang bagaimana konsumsi kopi dikaitkan secara positif dengan BMR, namun penting untuk diingat bahwa kita memetabolisme makanan dan minuman pada tingkat yang berbeda. Kopi dapat meningkatkan tingkat metabolisme satu orang tetapi tidak yang lain," kata Shaw.

4. Kafein dapat mengurangi rasa lapar

Nafsu makan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang anda makan, tingkat aktivitas fisik, dan hormon. Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk menentukan hubungan sebab-akibat kafein mengurangi nafsu makan, penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu dapat mengurangi kadar ghrelin, hormon yang membuat anda merasa lapar.

Sebuah studi kecil tahun 2014 menemukan bahwa partisipan meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan makanan mereka hanya dalam waktu empat minggu setelah minum kopi setiap hari berdasarkan kadar ghrelin mereka.

Baca juga: Berlebaran di Wisma Atlet, Dua Selebritas Ini Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes

"Kafein juga merangsang hormon kenyang peptida YY (PYY). Lebih banyak PYY berarti anda akan merasa kenyang dan tidak terlalu lapar," kata Shaw.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)