Hindari Konsumsi Terlalu Banyak Minuman Berenergi, Begini Bahayanya

Minggu, 23 Mei 2021 - 11:31 WIB
loading...
A A A
3. Tidak gantikan air dan mineral

Ahli gizi olahraga Deepshikha Agarwal Minuman mengatakan minuman berenergi tidak boleh disamakan dengan minuman olahraga. Minuman berenergi tidak menggantikan air dan mineral yang hilang saat berkeringat. Padahal, kafein yang terkandung di minuman itu justru bisa membuat tubuh makin dehidrasi. Jadi, dianjurkan minum air putih saja.



4. Menyebabkan peradangan

Selain tinggi kafein, minuman berenergi juga tinggi gula. Kebanyakan dari minuman berenergi, per 8 ons memiliki 27 hingga 31 gram gula. Padahal seperti yang disarankan The American Heart Association, konsumsi gula yang aman dalam sehari adalah enam sendok teh untuk wanita, dan sembilan sendok untuk pria. Mengonsumsinya secara berlebihan jelas akan menyebabkan peradangan yang dikaitkan dengan kanker, diabetes , obesitas, serta penyakit jantung.

5. Mengganggu kesehatan jantung

Minuman berenergi sarat dengan kafein. Ketika meminunnya lebih dari 400 miligram per hari akan menyebabkan palpitasi jantung, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan denyut jantung, dan gangguan irama jantung.

"Minuman-minuman ini umumnya stimulan dan dapat membuat jantung tertekan. Jika orang yang meminumnya sudah memiliki penyakit jantung, maka akan berakibat negatif pada tubuh," jelas Mohamad Moussa, profesor di University of Toledo College of Medicine and Life Science.



6. Berbahaya untuk remaja
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)