Studi: Konsumsi Dua Porsi Buah Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Selasa, 15 Juni 2021 - 10:43 WIB
loading...
Studi: Konsumsi Dua...
Sebuah studi baru-baru ini mendukung rekomendasi makan dua porsi buah setiap hari untuk mengurangi risiko diabetes. / Foto: ilustrasi/MedicalNews
A A A
JAKARTA - Sebuah studi baru-baru ini mendukung rekomendasi makan dua porsi buah setiap hari untuk mengurangi risiko diabetes .

Baca juga: Varian Delta Makin Merajalela di Indonesia, Kenali Gejalanya!

Peneliti asal Australia menemukan bahwa orang dewasa yang makan dua porsi buah sehari memiliki peluang 36% lebih rendah terkena diabetes dalam 5 tahun dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari setengah porsi buah sehari.

Temuan dari Nicola P. Bondonno, PhD, dan rekan ini dipublikasikan secara online di Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Studi ini juga menunjukkan bahwa asupan buah yang lebih tinggi dikaitkan dengan sensitivitas insulin yang lebih tinggi, yang dapat membantu menurunkan gula darah.

Lebih spesifik lagi, buah yang dimaksud adalah apel. Di mana dibanding dengan jeruk atau pisang, buah apel menunjukkan hasil yang lebih baik.

"Ini menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah [terutama apel] harus memproduksi lebih sedikit insulin untuk menurunkan kadar glukosa darahnya," kata Bondonno, dari Institute for Nutrition Research di Edith Cowan University di Perth, Australia, dikutip WebMD, Selasa (15/6).

"Hal ini penting karena tingginya tingkat insulin yang beredar (hiperinsulinemia) dapat merusak pembuluh darah yang tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga dengan tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung," lanjutnya.

Studi ini mendukung rekomendasi dari Australian Food Guidelines - dua porsi buah sehari, di mana satu porsi buat memiliki berat 150 gram, atau kira-kira seukuran apel sedamg, jeruk, atau pisang.

Namun kata tim peneliti tersebut, jus buah tidak dikaitkan dengan kadar gula darah atau insulin yang lebih baik, atau risiko diabetes yang lebih rendah. Sebab kandungan gulanya yang relatif tinggi dan lebih sedikit serat bermanfaat.

"Mempromosikan pola makan dan gaya hidup sehat yang mencakup konsumsi buah-buahan populer seperti apel, pisang, dan jeruk, dengan ketersediaan geografis yang luas, dapat menurunkan insiden (diabetes tipe 2)," mereka menyimpulkan.

Peneliti bertujuan untuk meneliti bagaimana buah dan jus buah terkait dengan gula darah, insulin dan diabetes pada 5 tahun dan 12 tahun pada peserta penelitian.

Tim peneliti mengidentifikasi 7.675 orang dewasa berusia 25 dan lebih tua tanpa diabetes yang telah menjalani tes darah dan menyelesaikan kuesioner frekuensi makanan pada 1999-2000.

Peserta mengatakan seberapa sering mereka makan 10 jenis buah yang berbeda, semua jenis jus buah, dan makanan lainnya, dalam skala 0 (tidak pernah) sampai 10 (tiga kali atau lebih/hari). Kemudian mereka membagi peserta menjadi beberapa kelompok berdasarkan jawaban mereka.

Buah yang paling banyak dimakan adalah apel (23% dari total asupan buah), diikuti oleh pisang (20%) dan buah jeruk (18%).

Buah-buahan lainnya masing-masing menyumbang kurang dari 8% dari total buah yang dimakan, sehingga tidak dipelajari secara terpisah.

Laporan yang diberikan peserta penelitian beragam. Ada yang melaporkan makan buah dalam jumlah sedang dan tinggi yang ternyata lebih cenderung perempuan dan melaporkan berolahraga setidaknya 150 menit seminggu.

Ada juga perokok dalam kelompok ini, sementara mereka yang melaporkan asupan buah sedang hingga tinggi juga makan lebih banyak sayuran dan lebih sedikit daging merah dan daging olahan, mereka mengonsumsi lebih banyak gula.

Setelah menyesuaikan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, pendidikan, status sosial ekonomi dan faktor lainnya, para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan peserta yang makan lebih sedikit buah, mereka yang makan dalam jumlah sedang memiliki kemungkinan 36% lebih rendah terkena diabetes dalam waktu 5 tahun.

Baca juga: Vaksin Pfizer Mulai Diujicoba ke Anak Usia 5-11 Tahun

Dari 3.518 peserta dengan tindak lanjut 12 tahun, 247 peserta menderita diabetes, tetapi tidak ada hubungan yang signifikan antara konsumsi buah dan risiko diabetes jangka panjang ini.
(nug)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Kebiasaan Duduk Lama...
Kebiasaan Duduk Lama Bisa Sebabkan Diabetes, Ini Penjelasan Dokter!
Penderita Diabetes Sebaiknya...
Penderita Diabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Semangka, Ini Alasannya!
Jangan Salah, Gula dari...
Jangan Salah, Gula dari Buah Juga Bisa Memicu Diabetes Semakin Parah
Budi Gunadi Sadikin...
Budi Gunadi Sadikin Ungkap Bahaya Boba: 1 Porsi Setara 150 Kalori dan 10 Gram Gula
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes...
5 Kebiasaan Pemicu Diabetes pada Anak Muda, Nomor 4 Sering Tak Disadari
Tak hanya Obat, Protokol...
Tak hanya Obat, Protokol 3R Jadi Pendekatan Baru Menuju Remisi Diabetes
Peneliti Universitas...
Peneliti Universitas Jember Buktikan Tanaman Liar Kalimantan Efektif Turunkan Gula Darah
Inovasi Terbaru Novo...
Inovasi Terbaru Novo Nordisk untuk Diabetes Tipe 2 Disetujui FDA AS
UGM Bersama IHC Kolaborasi...
UGM Bersama IHC Kolaborasi Gelar Pelatihan Sertifikasi Hipnoterapi Klinis
Rekomendasi
Tok! Komisi III DPR...
Tok! Komisi III DPR dan Pemerintah Sepakat Bawa RUU Polri ke Rapat Paripurna
Tokoh Nasional Ajukan...
Tokoh Nasional Ajukan Amicus Curiae, Nadiem: Dukungan Tegakkan Keadilan dan Kebenaran
Audi Nuvolari Spyder...
Audi Nuvolari Spyder versi Konvertibel Akan segera Diluncurkan
Berita Terkini
Viral Thania Pijiti...
Viral Thania Pijiti Pacar Sarwendah, Ruben Onsu Khawatir Kehilangan Peran sebagai Ayah
Nama Raffi Ahmad Terseret...
Nama Raffi Ahmad Terseret Isu Suap Bea Cukai, Hotman Paris: Bawa Buktimu!
Sambut Konser Comeback...
Sambut Konser Comeback BTS di Busan, Kampus dan Kuil Disulap Jadi Penginapan Murah
Inul Daratista Geram...
Inul Daratista Geram Dituding Gila Hormat, Ungkap Alasan Petugas KAI Melayani Sambil Jongkok
Ariana Grande dan Ethan...
Ariana Grande dan Ethan Slater Dikabarkan Putus Setelah Tiga Tahun Pacaran
Kasus Hanania Travel:...
Kasus Hanania Travel: Polisi Jadwalkan Ulang Pemeriksaan Awkarin hingga Sara Gibson
Infografis
Dua Skenario HUT ke-79...
Dua Skenario HUT ke-79 RI: Bisa di Jakarta dan IKN
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved