Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami, Begini Tipsnya!

Kamis, 17 Juni 2021 - 19:21 WIB
loading...
A A A
Madu adalah obat yang bagus untuk bibir pecah-pecah karena bersifat humektan, artinya madu menarik kelembapan dari udara ke dalam bibir.Madu juga dikenal karena sifat penyembuhannya dan dapat membantu meredakan luka dan retakan yang disebabkan oleh bibir pecah-pecah.

Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah terkena infeksi dari retakan dan luka ini, ungkap Konstantin Vasyukevich, MD, ahli bedah plastik wajah bersertifikat ganda, dan ahli perawatan kulit, yang berafiliasi dengan Beth Israel Medical Center dan Jacobi Medical Center.

"Madu bekerja sebagai eksfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit kering dan mati dari bibir," kata Vasyukevich.Caranya, gunakan jari yang bersih atau kapas untuk mengoleskan lapisan tipis pada bibir.Biarkan selama 20 hingga 30 menit lalu bersihkan.

Madu itu manis, jadi tahan keinginan untuk menjilatnya, karena ini hanya akan memperburuk bibir pecah-pecah. Cara yang bagus untuk menghindari ini adalah dengan menerapkannya sebelum tidur, dan membiarkannya semalaman.

4. Minyak kelapa (coconut oil)

Minyak kelapa adalah emolien yang berarti sangat bagus untuk mengunci kelembapan di bibir dan mencegahnya mengering. Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi. Artinya dapat membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkadang menyertai bibir pecah-pecah.

Sifat antibakteri minyak kelapa juga membantu menjaga bibir bebas kuman, mencegah terkena infeksi dari luka terbuka.Saat menggunakan minyak kelapa juga dapat menggabungkannya dengan sedikit gula dan menggunakannya sebagai exfoliant lembut untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati di bibir.

Baca Juga : Ada di Lebih dari 80 Negara, Covid-19 Varian Delta Menyebar Sangat Cepat

5. Scrub gula

Ketika sel-sel kulit mati menumpuk di bibir, itu akan mencegah bibir mendapatkan kelembapan yang mereka butuhkan.Pengelupasan kulit secara lembut dengan scrub gula membantu mengangkat sel kulit mati yang disebabkan oleh pecah-pecah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)