Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie

Selasa, 22 Juni 2021 - 17:57 WIB
loading...
Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie
Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie. Foto/Cinemags.
A A A
JAKARTA - Banyak film Jepang yang bisa direkomendasikan untuk ditonton. Selain terkenal dengan anime , Jepang sering merilis banyak film unik dengan genre menarik. Tak jarang film-film rilisan Jepang menjadi rekomendasi para sineas dan pecinta film karena ide-idenya yang out of the box.

Seperti negara Asia lainnya, Jepang seringkali dipandang sebagai produsen horor semata. Bahkan franchise Ju-On dan Ringu, saking terkenalnya, mendapatkan banyak adaptasi Hollywood dan dianggap film horor klasik internasional.

Tak hanya film horor, Jepang juga piawai dalam membawakan cerita komedi, aksi, slasher, dan fiksi ilmiah. Penasaran? Berikut lima rekomendasi film Jepang dari MNC Portal seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/6).


1. One Cut of the Dead (2017)

Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie


Film ini mengisahkan tentang sebuah kru film zombie independen yang berusaha syuting di sebuah pabrik penyaringan air. Ketika istirahat syuting, tiba-tiba kru dikejutkan dengan kemunculan zombie asli yang mengejar mereka dan mengubah mereka satu persatu. Mereka pun harus bertahan hidup sambil terus merekam kejadian-kejadian yang menimpa karena sutradara mereka tak ingin kehilangan gambar yang terkesan nyata.

One Cut of the Dead adalah film komedi zombie yang disutradarai Shinichiro Ueda. Dibintangi oleh Takayuki Hamatsu, Yuzuki Akiyama, Kazuaki Nagaya, Harumi Shuhama, Manabu Hosol, dan banyak lagi, film ini mungkin akan membuat anda bingung di beberapa menit pertama. Namun jangan khawatir, tetap duduk manis dan filmnya akan mengungkap semuanya.

2. Battle Royale (2000)

Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie


Di Battle Royale, satu bis siswa SMP diculik oleh agen pemerintah Jepang yang totaliter dan dibawa ke sebuah pulau misterius. Di sana, para siswa harus bertarung melawan satu sama lain dengan berbagai cara seperti menggunakan tangan kosong, senjata, perangkap, cara apapun dilegalkan selama mereka terus bertarung hingga tersisa satu pemenang yang masih hidup.

Siswa yang menolak bertarung akan dibunuh dengan cara meledakkan bom yang ada di leher mereka. Setelah banyak kematian dari saling bunuh dan aksi bunuh diri, dua orang siswa pun berhasil kabur dari pulau itu dengan status buron.

Film ini adalah adaptasi buku karya Koushun Takami yang menginspirasi seri Hunger Games dan video game battle royale seperti PUBG dan Fortnite. Disutradarai Kinji Fukasaku, film ini sempat menuai banyak kontroversi karena banyaknya adegan sadis yang diperankan anak-anak usia SMP.



3. Shin Godzilla (2016)

Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie


Monster yang lahir dari perang nuklir itu kembali di sebuah film reboot karya pembuat anime Neon Genesis Evangelion, Hideaki Anno. Shin Godzilla menceritakan pertarungan antara Godzilla dan pemerintah Jepang. Di film ini, konflik utama terjadi di sistem birokrasi politik Jepang yang penuh kode etik dan peraturan, membuat banyak pihak kesulitan melawan monster yang tiba-tiba datang dari lautan.

Godzilla di film ini bertingkah layaknya hewan lugu yang tidak sengaja menyerang kota dan hanya menyerang tentara Jepang untuk membela diri. Aksi saling serang dalam rangka pembelaan diri ini terus berlanjut hingga akhirnya Godzilla kalah. Film ini disutradarai Hideaki Anno dan merupakan film Godzilla ke-29 yang diproduksi Toho. Film ini dibintangi Hiroki Hasegawa, Yutaka Takenouchi, dan Satomi Ishihara.

4. Akira (1988)

Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie


Akira adalah film anime yang mengambil latar waktu di tahun 2019 dan menceritakan seorang ketua geng motor bernama Shotaro Kaneda. Teman masa kecil Kaneda, Tetsuo, secara ajaib mendapatkan kekuatan telekinesis setelah kecelakaan dan menggunakan kekuatannya untuk mengancam kehidupan kota Neo-Tokyo. Kaneda pun harus menghentikan Tetsuo sebelum Jepang kembali hancur.

Akira merupakan salahsatu film anime terpenting dalam sejarah perfilman dunia. Disutradarai Katsuhiro Otomo, film ini terkenal karena visualnya yang menarik dan desain musiknya yang menggunakan elemen musik gamelan Indonesia dan musik noh Jepang.


5. Spirited Away (2001)

Rekomendasi Film Jepang yang Wajib Ditonton, Anime hingga Zombie


Spirited Away adalah film anime karya Studio Ghibli yang menjadi salahsatu film anime paling terkenal di dunia. Film ini menceritakan perjalanan seorang gadis 10 tahun bernama Chihiro Ogino yang harus ikut orang tuanya pindah dari kota besar ke pedesaan. Ketika sedang iseng menjelajah, ia tanpa sengaja masuk ke dunia arwah bersama orang tuanya.

Karena melanggar sebuah peraturan, penyihir bernama Yubaba mengubah orang tua Chihiro menjadi babi dan menyuruhnya bekerja di pemandian milik Yubaba. Di sana, Chihiro harus mencari celah dan jalan keluar supaya bisa kembali ke dunia manusia.

Spirited Away digarap oleh sutradara kawakan Jepang, Hayao Miyazaki, dan dibintangi oleh Rumi Hiiragi, Miyu Irino, Mari Natsuki, Takeshi Naito, dan masih banyak lagi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)