Sebelum Masuk ke Dalam Tubuh, Ketahui Dulu Efek Samping Vaksin Moderna Berikut Ini

Jum'at, 02 Juli 2021 - 17:33 WIB
loading...
Sebelum Masuk ke Dalam Tubuh, Ketahui Dulu Efek Samping Vaksin Moderna Berikut Ini
Vaksin dengan platform mRNA pertama yang datang ke Indonesia ini diklaim memiliki kinerja sangat baik di tubuh kelompok masyarakat usia 18-65 tahun yaitu 94,1 persen. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi memasukkan nama vaksin Moderna ke dalam daftar vaksin yang digunakan di Indonesia, menyusul Sinovac, AstraZeneca, dan Sinopharm.

Baca juga: Indonesia akan Gunakan Vaksin Moderna, Efektivitas 94,1%

Vaksin dengan platform mRNA pertama yang datang ke Indonesia ini diklaim memiliki kinerja sangat baik di tubuh kelompok masyarakat usia 18-65 tahun yaitu 94,1 persen. Pada kelompok usia di atas 65, vaksin ini pun tetap dinyatakan baik dengan kemanjuran 86,4 persen.

Vaksin Moderna dinyatakan aman untuk penderita komorbid. Bahkan, efektivitas yang dihasilkan dari uji klinis fase 3 pada kelompok masyarakat dengan penyakit komorbid dikatakan BPOM serupa dengan kelompok tanpa komorbid.

"Berdasarkan hasil pengkajian yang dilakukan BPOM bersama dengan tim ahli komite nasional penilai vaksin Covid-19 dan ITAGI, menunjukkan bahwa secara umum keamanan vaksin dapat ditoleransi baik reaksi lokal maupun suspenik dengan tingkat keparahan grade 1 dan 2," ungkap Kepala BPOM, Penny K. Lukito, dalam keterangan pers virtual, Jumat (2/7).

Meski demikian, vaksin Moderna mencatat ada beberapa efek samping yang harus diperhatikan oleh masyarakat. Apa saja efek samping yang sering terjadi pascavaksinasi Moderna?

- Nyeri
- Kelelahan
- Nyeri di tempat suntikkan
- Sakit Kepala
- Nyeri Otot dan Sendi

"Kejadian ini umumnya didapatkan setelah penyuntikkan dosis vaksin kedua," terang Penny.

Baca juga: Beredar Pesan Resep Obat Covid-19, Dokter Minta Masyarakat Tak Percaya

Vaksin Moderna diberikan ke masyarakat dengan dua dosis, berjarak 1 bulan antara dosis pertama dengan dosis kedua. Secara teknis, penyuntikan vaksin Moderna serupa dengan vaksin lain yaitu injeksi di lengan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)