Apakah Vaksin Moderna Boleh untuk Anak Usia 12-17 Tahun?

Jum'at, 02 Juli 2021 - 19:09 WIB
loading...
Apakah Vaksin Moderna Boleh untuk Anak Usia 12-17 Tahun?
Vaksin Moderna sejauh ini belum memiliki data penelitian mengenai uji klinis kelompok anak. / Foto: ilustrasi/CTV News
A A A
JAKARTA - Vaksin Moderna yang baru saja diizinkan untuk dipakai di Indonesia dinilai aman untuk kelompok usia 18-65 tahun, 65 tahun ke atas, termasuk mereka yang memiliki komorbid. Efektivitas vaksin mRNA ini pun 96,1 persen yang artinya cukup baik melindungi tubuh dari virus SARS-CoV2.

Baca juga: 3 Minuman Daya Tahan Tubuh agar Tak Mudah Kena Covid-19

Namun, yang menjadi pertanyaan, apakah vaksin Moderna boleh juga diberikan untuk usia anak 12-17 tahun?

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjawab, vaksin Moderna sejauh ini belum memiliki data penelitian mengenai uji klinis kelompok anak, sehingga untuk sementara ini vaksin Moderna tidak diperuntukan untuk anak-anak.

"Vaksin Moderna belum bisa digunakan untuk anak di bawah usia 18 tahun," tegas Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7).

Vaksinasi usia anak menjadi isu yang hangat belakangan ini. Itu kenapa banyak orang yang 'interest' dengan pembahasan tersebut termasuk mencari vaksin apa yang bisa dipakai untuk usia anak.

Untuk sementara ini, data penelitian uji klinis yang sudah berhasil dirampungkan dan dinilai baik pada kelompok usia 12-17 tahun adalah vaksin Sinovac. Itu kenapa Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengizinkan penggunaan vaksin Sinovac untuk kelompok usia tersebut.

Baca juga: BPOM Sebut Vaksin Moderna Aman buat Orang dengan Komorbid

Namun, terkait dengan kapan pelaksanaan vaksinasi usia 12-17 tahun, sampai saat ini masih dalam proses pengkajian lebih lanjut. Siti Nadia sendiri mengatakan, di saat lonjakan kasus meningkat seperti sekarang, upaya yang lebih tepat untuk anak adalah membiarkannya di rumah dan orang dewasa yang ada di rumah bersama si anak mendapatkan vaksin.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)