Cara Memperlancar Haid, Perhatikan ya Kaum Hawa

Rabu, 07 Juli 2021 - 06:01 WIB
loading...
Cara Memperlancar Haid, Perhatikan ya Kaum Hawa
Cara memperlancar haid salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. / Foto: ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Cara memperlancar haid dapat dengan mengonsumsi makanan tertentu. Diketahui, ada berbagai hal yang dapat membuat seorang perempuan telat mendapatkan haid atau menstruasi .

Baca juga: Anak-Anak Rentan Terpapar Covid-19 Varian Baru, Begini Penjelasan Ahli

Menurut ahli nutrisi klinis dari Fortis La Famme, dr. LovneetBatra, bagi kebanyakan perempuan saat haid terkadang terasa menyakitkan. Perut rasanya kram dan tubuh jadi lemas.

"Hal ini bisa disebabkan berbagai faktor yakni ketidakseimbangan hormon, gaya hidup, stres ataupun makanan," kata dr. LovneetBatra seperti dilansir Times of India.

LovneetBatra menuturkan, cara memperlancar haid salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada berbagai jenis makanan yang bisa membantu melancarkan haid, salah satunya kunyit.

"Kunyit berfungsi membantu meringankan masalah haid, meningkatkan produksi estrogen dan mengurangi kadar progesteron, yang membantu meningkatkan haid yang lebih mudah dan teratur," terang dr. LovneetBatra.

Lebih lanjut, LovneetBatra menuturkan, kunyit dianggap memiliki efek antispasmodik, yang juga bermanfaat bagi kesehatan menstruasi dan reproduksi. Kunyit mampu meningkatkan panas dalam rahim yang membantu merangsang aliran darah ke rahim sehingga mempercepat haid.

"Untuk memperbanyak konsumsi kunyit, pastikan Anda mengonsumsi 1-2 sendok makan kunyit dalam sehari," kata dia.

Makanan kaya vitamin C juga menjadi cara memperlancar haid. Menurut LovneetBatra, setiap orang disarankan untuk memasukkan banyak makanan kaya vitamin C ke dalam makanannya. "Ini bukan hanya sesuatu yang bermanfaat bagi kekebalan, mencegah penyakit tetapi juga dapat membantu mendapatkan haid tepat waktu," ujarnya.

LovneetBatra memaparkan bahwa buah dan sayuran yang kaya vitamin C memiliki khasiat yang meningkatkan produksi estrogen dalam tubuh, mengurangi jumlah progesteron dan memperlancar peluruhan lapisan rahim. Beberapa buah juga dapat bekerja menghasilkan panas dalam tubuh, yang baik untuk kesuburan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6048 seconds (0.1#10.140)