Menata Ulang Tempat Usaha dengan Mempertimbangkan Penggunaan Lift

Kamis, 08 Juli 2021 - 02:02 WIB
loading...
Menata Ulang Tempat Usaha dengan Mempertimbangkan Penggunaan Lift
PPKM Darurat yang diterapkan pemerintah saat ini mengharuskan sebagian besar tempat usaha seperti restoran hanya menerima pesanan take away. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang diterapkan pemerintah saat ini mengharuskan sebagian besar tempat usaha seperti restoran hanya menerima pesanan take away, bahkan tempat usaha non-esensial lainnya harus tutup sementara.

Baca juga: Agar Buah Hati Tidak Tertular, Ini Tips Aman Ibu Positif Covid-19 saat Menyusui

Para pelaku usaha dapat menggunakan waktu saat PPKM Darurat untuk membuat solusi cerdas seperti menata ulang tempat usaha mereka dan mempertimbangkan penggunaan lift sebagai salah satu upaya mengatur alur pengunjung saat kondisi memungkinkan tempat usaha beroperasi kembali. Lift juga dapat meningkatkan mobilitas dan memberi nilai tambah bagi pelaku usaha dan konsumen.

Dalam hal ini, PT Pardi Solusi Abadi berupaya membantu optimalisasi mobilitas masyarakat Indonesia melalui solusi lift untuk rumah, hingga tempat usaha. Chief Operating Officer, Joni Tse mengatakan, di masa pandemi ini, pelaku usaha haruslah pandai memberikan solusi bagi tempat usahanya. Salah satu solusi cerdasnya adalah menata ulang tempat usaha dan menimbang implementasi home lift di tempat usaha.

"Di periode PPKM Darurat ini, pelaku usaha dapat membuat perencanaan penempatan home lift agar ketika kondisi kembali normal, dapat segera mengimplementasikan home lift sehingga dapat memberi nilai tambah bagi konsumen," kata Joni dalam Konferensi pers virtual, Rabu (7/7).

Dalam menambahkan home lift di tempat usaha, ada beberapa unsur penting yang perlu diperhatikan yakni unsur keindahan/estetika, unsur kekuatan dan unsur fungsi. Unsur keindahan/estetika merupakan sebuah bangunan yang enak dipandang dan dapat memenuhi perasaan nyaman bagi penghuni bangunan tersebut. Unsur kekuatan adalah pada kekokohan bangunan, dan lebih mengarah pada perhitungan secara matematis akan gravitasi, gaya-gaya alam, momen, mekanika, kekuatan serta keawetan sebuah material yang akan digunakan. Sementara unsur fungsi merupakan kegunaan dari setiap ruang dalam bangunan tersebut dan bagaimana hal tersebut dapat memenuhi keinginan.

Menurut Arsitek Studio Kota Architecture, Wendy Sudibyo Bsc., MM, MBA., Home Lift merupakan salah satu alat penting bagi para pelaku usaha yang memiliki tempat usaha dengan bangunan bertingkat dan berukuran luas.

Joni Tse menambahkan bahwa untuk mencapai unsur keindahan, kekuatan dan fungsi yang maksimal dari home lift, perlu didukung dengan teknologi dan kualitas yang memadai pula. "Home Lift bisa diimplementasikan pada bangunan yang sudah jadi maupun menambahkan lift di luar bangunan agar fasad bangunan tetap terlihat mewah dan estetik," sambungnya.

Lebih lanjut, Joni menuturkan jika teknologi home lift dari Pardi Solusi tidak membutuhkan ruang mesin dan tanpa pit. Pemasangannya tidak perlu membongkar susunan ruang atau tidak memerlukan dinding tambahan sehingga lebih hemat ruang dan tetap menjaga estetika bangunan tempat usaha.

Sementara itu, Lifestyle Influencer, Vyna Lee mengatakan, sebagai seseorang yang memiliki hobi traveling dan kulinari, dirinya sering mendatangi banyak tempat usaha seperti kafe, restoran, hingga klinik kecantikan atau tempat umum lainnya.

Baca juga: Festival Film Wartawan Indonesia Siap Digelar 28 Oktober 2021

"Dengan adanya home lift di tempat usaha, saya merasa sangat terbantu terutama dalam hal mobilitas dan efisiensi waktu, membuat saya bisa berpindah dari satu lantai ke lantai lain dengan cepat dan efektif," tukasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)