3 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia, Nakes Segera Dapat Suntikan Ketiga

Minggu, 11 Juli 2021 - 13:47 WIB
loading...
3 Juta Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia, Nakes Segera Dapat Suntikan Ketiga
Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengumumkan bahwa Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu, 11 Juli 2021. Vaksin COVID-19 jenis Moderna dari Amerika Serikat itu didapatkan melalui jalur multilateral COVAX Facility.

"Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin Moderna dari pemerintah Amerika Serikat," kata Retno dalam siaran langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (11/7).



Menlu mengatakan, vaksin Moderna sudah memperoleh Emergency Use Listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). “Amerika Serikat berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 dosis,” sebutnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Moderna merupakan vaksin dengan efikasi yang tinggi dan sudah terbukti cukup ampuh digunakan di Amerika Serikat untuk menekan laju penularan COVID-19. Rencananya, vaksin ini tidak hanya digunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi masyarakat, tetapi juga akan dipakai sebagai booster suntikan dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes).

“Para tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa, terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” kata Menkes Budi.



Sebagai informasi, sebelumnya Menkes Budi mengatakan bahwa sebanyak 1,47 juta tenaga kesehatan bakal mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga jenis Moderna mulai pekan depan.

Dia menyebut bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) telah menyetujui serta merekomendasikan penggunaan vaksin Moderna bagi tenaga kesehatan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2770 seconds (0.1#10.140)