Di Tengah Lonjakan Covid-19, Waspadai Happy Hypoxia

Sabtu, 17 Juli 2021 - 05:05 WIB
loading...
Di Tengah Lonjakan Covid-19, Waspadai Happy Hypoxia
Sebagian besar masyarakat isoman, baik yang tidak bergejala atau bergejala ringan, namun harus tetap waspada timbulnya happy hypoxia pada pasien Covid-19. / Foto: ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ledakan Covid-19 yang tidak terkenali di Indonesia menyebabkan banyak masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

Baca juga: 3 Herbal Perkuat Daya Tahan Tubuh Selama Isolasi Mandiri Lawan Corona

Meski sebagian besar masyarakat yang melakukan isoman tidak bergejala atau hanya bergejala ringan, namun seseorang harus tetap waspada akan timbulnya happy hypoxia pada pasien Covid-19.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Jumat (16/7/2021), happy hypoxia adalah gejala yang ditemukan pada pasien Covid-19 dan dapat berdampak berbahaya.

Hypoxia adalah kondisi kurangnya oksigen di dalam darah. Adanya tanda happy hypoxia pada pasien Covid-19 tidak menunjukkan gejala klinis, seperti sesak. Kondisi ini juga dikenal dengan silent hypoxia atau apathetic hypoxia dan bisa berakibat fatal apabila tidak ditangani.

Seseorang yang mengalami hypoxia akan mengalami kerusakan pada saraf yang mengantarkan sensor sesak ke otak. Di sisi lain otak tidak dapat merespons sesak, alhasil pasien merasa tidak ada gejala atau tidak terlihat sesak. Berikut gejala yang bisa muncul apabila seseorang mengalami happy hypoxia.

1.Gejala Covid-19 bertambah.

2.Ada batuk yang bertambah atau menetap.

3.Ada keluhan semakin lemas dan kesadaran menurun.

4.Warna bibir atau ujung jari mulai kebiruan.

5.Saturasi oksigen di bawah normal (<95%).

Baca juga: Putri Ustadz Derry Sulaiman Dinikahi Bule Mualaf asal Estonia

Jika mengalami keluhan seperti lima gejala yang disebutkan di atas, maka segera datang ke rumah sakit atau mencari pertolongan tenaga kesehatan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)