Netizen Korea Ikut Kecam Aksi Rasis Stasiun TV Korsel saat Siaran Langsung Pembukaan Olimpiade Tokyo

Rabu, 28 Juli 2021 - 13:03 WIB
loading...
Netizen Korea Ikut Kecam Aksi Rasis Stasiun TV Korsel saat Siaran Langsung Pembukaan Olimpiade Tokyo
Seremoni pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 belum lama ini. Foto Ilustrasi/REUTERS/Marko Djurica
A A A
JAKARTA - Tak hanya netizen Indonesia, netizen dari negara lain pun menyayangkan aksi rasis yang dilakukan stasiun TV Korea Selatan (Korsel), MBC. Termasuk netizen asal Negeri Ginseng sendiri.

Netizen Korea lebih dulu protes dan melayangkan petisi untuk menuntut para eksekutif MBC karena dinilai rasis saat mengenalkan negara yang memasuki area parade dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 belum lama ini. Netizen Korea yang menonton siaran langsung itu terheran-heran, dan melontarkan kekecewaan di forum komunitas setempat.



"Apakah mereka gila?" tulis netizen.

"Apakah itu kecelakaan siaran?" timpal yang lain.

"Bukankah menempatkan foto sensitif seperti itu tidak sopan secara diplomatik? Itu seperti menempatkan foto insiden Ferry Sewol untuk Korea Selatan dalam perkenalan ke luar negeri," komentar netizen lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, stasiun TV MBC menjadi sorotan dunia lantaran aksi kontroversial dan kalimat bernada rasis ketika mengomentari defile tiap negara peserta saat pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 belum lama ini. Stasiun TV tersebut memberi gambaran tentang sesuatu yang khas dari tiap negara peserta. Masalahnya, mereka mendeskripsikan setiap negara secara aneh.

Misalnya, mereka menempatkan foto sushi untuk menggambarkan Jepang, ikan salmon untuk Norwegia, dan pizza sebagai simbol Italia. Sejumlah negara bahkan digambarkan dengan foto yang sensitif karena menyinggung masalah politik di dalam negeri mereka. Tak sampai di situ saja, pihak MBC juga ikut menempatkan foto peta Wuhan untuk China, foto tembok perbatasan Israel-Palestina untuk Palestina, tembok Berlin untuk Jerman, serta mengenalkan Ukraina dengan menghadirkan foto kecelakaan Chernobyl yang diingat sebagai salah satu insiden terburuk di dunia.



Sementara untuk Indonesia, MBC menampilkan foto peta Nusantara dan memperkenalkan NKRI sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang berpopulasi terpadat ke-4 di dunia serta memiliki produk domestik bruto (GDP) rendah. MBC bahkan menempatkan foto peta Indonesia di samping wajah atlet dengan penempatan titik di Malaysia serta menyinggung tingkat vaksinasi COVID-19 di negara ini hanya sebesar 6%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)