Sejarah Perkembangan Hotel Tua Jakarta yang Masih Beroperasi Hingga Kini

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 17:45 WIB
loading...
Sejarah Perkembangan Hotel Tua Jakarta yang Masih Beroperasi Hingga Kini
Sejarah Perkembangan Hotel Tua Jakarta yang Masih Beroperasi Hingga Kini
A A A
JAKARTA - Halo semua, merapat yuk! Podcast Jajan Sejarah bersama Dua Farid kembali lagi nih. Kedua cowok pecinta kuliner ini akan kembali mengajak kamu jalan-jalan ke tempat bersejarah, sekaligus mencari berbagai tempat makan enak di sekitar Jakarta! Tujuan kali ini adalah Jakarta Pusat, yaitu sekitar jalan Juanda dan Veteran! Sudah nggak sabar untuk tahu keseruannya? Langsung dengerin di RCTI+ yuk!

Kawasan jalan Juanda dan Veteran Jakarta konon merupakan tempat elit yang terdiri dari berbagai toko ternama pada zaman Belanda dulu. Sampai sekarang pun, daerah ini masih menjadi lokasi strategis yang dekat dengan tempat-tempat makan, perbelanjaan, dan wisata yang terkenal di Jakarta. Di kawasan ini pula berdiri Hotel Sriwijaya , hotel tertua di Jakarta yang masih beroperasi hingga sekarang. Hotel yang satu ini mengalami perkembangan dan perjalanan yang panjang loh sebelum menjadi seperti saat ini.



Gedung yang konon sudah ada sejak 1863 itu ternyata pada awalnya bukan hotel, melainkan restoran atau toko roti karena orang-orang Belanda memang suka makan roti. “Kemudian (gedung) itu berkembang, berubahlah menjadi hotel, nama hotel pertamanya adalah Cavadino, hotel ini bertahan terus sampai tahun 1898,” ungkap Farid.

Setelah itu, hotel ini berubah nama menjadi Hotel du Lion d'Or. “d’Or itu artinya emas, berarti arti (hotelnya) itu singa emas,” ucap Farid. Pada 1941, hotel ini kembali berubah nama menjadi Park Hotel. Kemudian, tahun 50-an setelah Indonesia merdeka, namanya menjadi Hotel Sriwijaya karena kemudian dimiliki oleh orang Indonesia, dan masih bertahan sampai sekarang.

Penasaran dengan kelanjutan cerita mereka? Yuk langsung dengarkan selengkapnya di Podcast Jajan Sejarah eksklusif di RCTI+.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)