Gula Darah Normal Harus Dijaga untuk Menghindari Diabetes, Begini 5 Tipsnya!

Rabu, 11 Agustus 2021 - 08:40 WIB
loading...
Gula Darah Normal Harus Dijaga untuk Menghindari Diabetes, Begini 5 Tipsnya!
Gula darah normal adalah salah satu kunci menghindari penyakit diabetes. Foto Ilustrasi/Healthline
A A A
JAKARTA - Gula darah normal adalah salah satu kunci menghindari penyakit diabetes . Untuk itu menjaga gula darah Anda tetap stabil sangat disarankan. Toby Smithson, RD, LDN, CDE, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan pendiri DiabetesEveryday.com mengatakan bahwa menjaga agar gula darah tetap normal bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Gaya hidup dan pola makan sehat menjadi salah satu kunci menjaga gula darah tetap normal. Berikut ini tips agar gula darah tetap terkontrol seperti dilansir Everyday Health:

1. Pilih Camilan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan pistachio mengandung lemak sehat yang memperlambat penyerapan gula oleh tubuh. Tetapi pastikan untuk membatasi berapa banyak kacang yang Anda makan dalam sekali makan karena bahkan lemak sehat pun mengandung kalori, kata Smithson. Hanya enam almond atau empat bagian pecan memiliki jumlah kalori yang sama dengan satu sendok teh mentega.

Baca Juga : Diabetes Tipe 2, Gula Darah Tinggi Menyebabkan Sleep Apnea

2. Konsumsi biji-bijian

Oat bran, barley, dan rye adalah makanan kaya serat yang mengandung beta-glukan. Serat larut ini meningkatkan jumlah waktu yang dibutuhkan perut Anda untuk kosong setelah makan dan mencegah lonjakan gula darah. Ingat, bagaimanapun, bahwa makanan ini masih karbohidrat.

3. Konsumsi sayuran kaya serat

Sayuran yang kaya serat seperti brokoli, mentimun, dan wortel juga dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah sambil memberikan nutrisi penting.

4. Tambahkan kayu manis sebagai bumbu

Kayu manis bukan sekadar menambah rasa pada makanan. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Family Medicine menunjukkan bahwa kayu manis terkait dengan penurunan kadar gula darah puasa yang signifikan. Kayu manis dapat merangsang sekresi insulin dari pankreas. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, Smithson mengatakan tidak ada alasan mengapa penderita diabetes tipe 2 tidak mencoba menambahkan kayu manis dalam makanan mereka.

Baca Juga : Penderita Diabetes Disarankan Makan Ini Usai Vaksin Covid-19

5. Jangan melewatkan makan

Sangat penting untuk membagi asupan makanan harian Anda, dimulai dengan sarapan. Mengkonsumsi lebih banyak makanan hanya dalam satu atau dua kali sehari menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang lebih besar. Makan tiga kali makan sehari dengan dua camilan bergizi dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)