WHO Sebut Virus Marburg Mirip Ebola, 1 Kasus Kematian di Afrika Barat

Rabu, 11 Agustus 2021 - 17:16 WIB
loading...
WHO Sebut Virus Marburg Mirip Ebola, 1 Kasus Kematian di Afrika Barat
WHO Sebut Virus Marburg Mirip Ebola, 1 Kasus Kematian di Afrika Barat. Foto/Gavi.
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut virus marburg mirip ebola berpotensi menyebar luas jika tidak dihentikan. Dilaporkan seorang pria meninggal di Afrika Barat positif terkena virus Marburg.

Pria tak dikenal itu jatuh sakit. Ia mengalami demam , sakit kepala, kelelahan dan sakit perut bulan lalu di Gueckedou di Guinea, dekat perbatasan dengan Sierra Leone dan Liberia.

Ia meninggal pada 2 Agustus, dengan tes akhirnya menunjukkan bahwa meninggal karena virus Marburg, penyakit yang sangat menular dan menyebabkan demam berdarah . Penyakit ini memiliki tingkat kematian hingga 88%.

Virus Marburg berada dalam keluarga yang sama dengan virus yang menyebabkan Ebola, yang menewaskan sedikitnya 11.325 orang dalam epidemi 2014-2016 yang dimulai di bagian yang sama di Guinea. Negara itu baru-baru ini dinyatakan bebas Ebola setelah serangan singkat awal tahun ini yang menewaskan 12 orang.

Dilansir dari Fox News, Rabu (11/8) virus Marburg diyakini berasal dari kelelawar dan ditularkan dari hewan inang ke manusia.


“Potensi virus Marburg untuk menyebar jauh dan luas berarti kita harus menghentikannya,” kata Dr. Matshidiso Moeti selaku direktur regional WHO untuk Afrika.

WHO telah mengirim 10 ahli untuk membantu pejabat setempat, yang mengatakan setidaknya 146 orang telah diidentifikasi melakukan kontak dengan pria itu sebelum ia meninggal.

"Kami bekerja sama dengan otoritas kesehatan untuk menerapkan respons cepat yang didasarkan pada pengalaman dan keahlian Guinea di masa lalu dalam menangani Ebola, yang ditularkan dengan cara yang sama," jelas Moeti.

Wabah Marburg dimulai ketika hewan yang terinfeksi, seperti monyet atau kelelawar buah, menularkan virus ke manusia. Virus kemudian menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi.

Gejala virus Marburg termasuk demam tinggi dan nyeri otot. Selain itu, beberapa pasien kemudian mengalami pendarahan melalui lubang tubuh seperti mata dan telinga. Ini adalah pertama kalinya virus Marburg telah terdeteksi di Guinea.


Namun, wabah sebelumnya telah terjadi di tempat lain di seluruh Afrika di Angola, Kongo, Kenya, Afrika Selatan dan Uganda. Tidak ada obat atau vaksin yang disetujui untuk virus Marburg, tetapi rehidrasi dan perawatan suportif lainnya dapat meningkatkan peluang pasien untuk bertahan hidup.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2901 seconds (0.1#10.140)