Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki, Jerawat hingga Mimpi Basah

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 10:21 WIB
loading...
Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki, Jerawat hingga Mimpi Basah
Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki, Jerawat hingga Mimpi Basah. Foto/Very Well Family.
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki bisa dilihat dari beberapa tanda. Ada tujuh ciri pubertas anak laki-laki. Namun perlu diingat bahwa usia pubertas setiap anak sangat bervariasi.

Anak laki-laki pubertas sedikit lebih lambat daripada anak perempuan. Untuk anak laki-laki, pubertas rata-rata dimulai pada usia 11 tahun, meskipun dimulai sejak usia 9 tahun atau hingga usia 14 tahun masih dianggap normal.

Beberapa anak laki-laki pubertas lebih cepat daripada teman sebayanya. Selain itu, beberapa perubahan fisik mungkin lebih bertahap daripada yang lain.

Sejumlah perubahan fisik ini sangat pribadi. Sebagai orang tua mungkin tidak memperhatikannya, tetapi anak Anda memperhatikan. Beberapa di antaranya merupakan pengalaman yang memalukan baginya dan kemungkinan besar ia akan merahasiakannya.

Berikut ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki dilansir dari Very Well Family, Jumat (20/8).


1. Bentuk tubuh

Secara eksternal, Anda melihat tubuh anak Anda mulai tumbuh, tetapi sebelum itu terjadi, berat badannya akan bertambah. Ini terlihat pada lengan dan kakinya. Berikutnya mereka akan bertambah tinggi dan biasanya terjadi pada usia 13 tahun.

Bahunya akan melebar dan ototnya juga akan berkembang lebih jelas. Ia akan menjadi terasa lebih kuat dan dapat mengambil keuntungan dari itu dengan mulai biasa olahraga rutin.

2. Berkeringat, bulu, dan jerawat

Kebersihan pribadi merupakan salah satu perubahan terbesar bagi anak laki-laki. Mungkin sulit untuk membuatnya mencuci tangan atau mandi, tetapi sekarang ia perlu memperhatikan hal-hal ini saat mulai berkeringat lebih banyak dan memiliki bau badan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)