Turunkan Gula Darah, Kacang Hijau Baik untuk Penderita Diabetes

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 16:50 WIB
loading...
Turunkan Gula Darah, Kacang Hijau Baik untuk Penderita Diabetes
Turunkan Gula Darah, Kacang Hijau Baik untuk Penderita Diabetes. Foto/iStock.
A A A
JAKARTA - Kacang hijau bisa menurunkan gula darah . Karena itu, kacang hijau baik untuk penderita diabetes .

Dilansir dari All About Diabetes, Jumat (20/8) kacang hijau memiliki glikemik index (GI) yang rendah. Artinya kacang hijau memiliki sedikit efek bahkan tidak memengaruhi dalam peningkatan gula darah.

Meski demikian, penderita diabetes juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau secara berlebihan. Sebagaimana diketahui, kacang hijau adalah sejenis kacang-kacangan yang kaya akan protein.


Namun, perlu diingat, bahwa kacang hijau dapat berbahaya bagi ginjal dan dapat meningkatkan risiko hipertensi atau darah tinggi . Saking tingginya kadar protein dalam kacang hijau, membuat makanan ini dapat sangat berkhasiat untuk perkembangan otak.

Selain kaya protein dan rendah GI, kacang hijau juga memiliki banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin dan mineral yaitu kalsium, zat besi, tiamin, folat, magnesium, fosfor, dan kalium.

Kacang hijau umumnya direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan yang baik, dan berkontribusi dalam membuat gula darah lebih stabil.


Tapi perlu diingat makan kacang hijau tidak akan menstabilkan kadar gula. Selain itu, beberapa ahli mengklaim kacang hijau juga memiliki sifat anti-kanker.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)