Hobi Fotografi Disebut Bisa Sehatkan Mental, Begini Penjelasannya

Senin, 23 Agustus 2021 - 07:55 WIB
loading...
Hobi Fotografi Disebut Bisa Sehatkan Mental, Begini Penjelasannya
Fotografi bisa baik untuk pikiran, tubuh, dan kesehatan mental lho. Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Beberapa orang menjadikan fotografi hanya sebagai hobi, tapi ada juga yang menjadikan fotografi sebagai hobi sekaligus profesi. Aktivitas fotografi sangat menyenangkan sehingga kini menjadi bentuk seni yang sangat populer dilakukan.

Melalui penggunaan pencahayaan, sudut, pembingkaian, alat peraga, dan pemandangan yang kreatif; Anda dapat mengubah citra sehari-hari menjadi terlihat artistik yang unik. Namun, seni yang diciptakan bukanlah satu-satunya cara fotografi dapat memperkaya hidup Anda.

Dinukil dari laman Living Medicareful, Jumat (20/8/2021), seperti halnya bentuk seni lainnya, ada banyak cara fotografi yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Faktanya, fotografi bisa baik untuk pikiran, tubuh, dan kesehatan mental lho. Berikut penjelasannya.

1. Bermanfaat untuk kesehatan otak

Dalam kesehatan secara umum, fotografi juga berkaitan dengan cara penyampaian penuaan yang sehat di otak. Seperti telah dialami dan dikatakan pada masa lalu, otak manusia bekerja dengan cara berbeda, yakni bisa ingat atau lupa.

Pada dasarnya, setiap orang perlu merangsang pikirannya seiring bertambahnya usia agar tetap tajam. Mengambil bagian dalam berbagai bentuk seni adalah cara yang efektif untuk menjaga otak tetap aktif, dan fotografi itu sendiri telah dipelajari untuk menganalisis nilainya sebagai penguat otak dalam jangka panjang.



Pada 2013, sekelompok peneliti menguji beberapa hobi dengan permintaan kognitif yang tinggi. Salah satunya adalah fotografi. Apa yang mereka temukan adalah bahwa aktivitas ini meningkatkan memori pada orang dewasa yang lebih tua, terutama jika dibandingkan dengan aktivitas non-sosial atau aktivitas rendah permintaan.

Studi lain melihat hubungan antara fotografi dan memori, khususnya bagaimana melihat foto lama dapat membantu merangsang memori pada orang dewasa yang lebih tua.

2. Memberikan terapi penyembuhan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)