Masuk Angin Jangan Asal Kerokan, Ketahui Ini Risikonya

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 08:44 WIB
loading...
Masuk Angin Jangan Asal Kerokan, Ketahui Ini Risikonya
Masuk Angin Jangan Asal Kerokan, Ketahui Ini Risikonya. Foto/New York Post.
A A A
JAKARTA - Saat masuk angin pastikan Anda jangan asal kerokan . Pasalnya, sembarangan kerokan bisa meningkatkan risiko yang bisa menyebabkan masalah kesehatan .

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Premier Jatinegara, dr. Muhammad Zaini, Sp.JP(K) mengatakan kerokan memang bermanfaat untuk mengusir masuk angin, namun ada risiko.

"Kerokan memang tergolong aman dan bermanfaat untuk mengusir masuk angin," kata dr. Muhammad Zaini dikutip dari kanal YouTube Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jumat (28/7).


"Namun, kalau Anda mengidap atau memiliki riwayat gangguan pembekuan darah atau mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya dihindari agar tidak menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan," sambungnya.

Lebih lanjut dr. Muhammad Zaini menjelaskan bahwa kerokan sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena berisiko menimbulkan luka pada kulit. Di mana goresan saat kerokan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.

"Efek samping kerokan bagi kesehatan, kerokan merupakan prosedur yang relatif aman. Meski demikian, goresan pada saat kerokan dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil di permukaan kulit sehingga menimbulkan memar," tandasnya.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)