Sekolah Internasional Termahal di Jakarta, Inilah Daftarnya

Minggu, 29 Agustus 2021 - 10:56 WIB
loading...
Sekolah Internasional Termahal di Jakarta, Inilah Daftarnya
Sekolah internasional termahal di Jakarta masih menjadi pilihan orangtua dari kalangan the have. Foto/IG @acgjakarta
A A A
JAKARTA - Sekolah internasional termahal di Jakarta masih menjadi pilihan orangtua dari kalangan the have. Meski harus mengeluarkan biaya fantastis, para orangtua ini tak berkeberatan karena merasa bisa memberikan pendidikan yang berkualitas buat buah hati mereka.

Memberikan pendidikan terbaik memang menjadi fokus utama banyak orangtua. Para ayah dan ibu rela merogoh kocek lebih dalam untuk mendaftarkan anak mereka ke sekolah yang biayanya bernilai fantastis agar bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas.



Dilansir dari laman resmi perusahaan teknologi finansial pendidikan Pintek, Minggu (29/8), sekolah berbiaya mahal biasanya berlabel sekolah internasional. Sekolah tersebut umumnya menggunakan kurikulum berbasis internasional seperti kurikulum International Baccalaureate (IB) atau International General Certificate of Secondary Education (IGCSE).

Seperti namanya, sekolah internasional juga menggunakan bahasa Inggris saat berada di lingkungan sekolah.

Biaya yang dibanderol di sekolah-sekolah tersebut mencapai ratusan juta rupiah setiap tahun. Berikut daftar sekolah internasional termahal di Jakarta.

1. New Zealand School Jakarta

Sekolah yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, ini mengadopsi kurikulum dari Selandia Baru atau New Zealand Curriculum, NZC.

New Zealand School Jakarta membebankan sejumlah biaya seperti Biaya Pengembangan Tahunan (BPT) yang dibayarkan untuk satu tahun penuh dan juga biaya SPP.

Selain itu, para siswa baru juga bakal dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp4 juta untuk tahun awal dan Rp5 juta untuk siswa tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah. Ini rincian total biaya sekolah di New Zealand School Jakarta:

Opsi Tahunan
Playgroup: Rp48,7 juta.
TK: Rp84,9 juta.
Kelas 1-6: Rp195,6 juta.
Kelas 7-9: Rp199,4 juta.

Opsi Setengah Tahun
Playgroup: Rp50,9 juta.
TK: Rp89,1 juta.
Kelas 1-6: Rp203,3 juta.
Kelas 7-9: Rp207,2 juta.

Opsi Per Semester
Playgroup: Rp53,3 juta.
TK: Rp93,3 juta.
Kelas 1-6: Rp210, 9 juta.
Kelas 7-9: Rp215,2 juta.

Siswa juga akan dikenakan biaya tambahan secara terpisah untuk bis sekolah, katering atau kantin, seragam, ekstra kulikuker, dan biaya ujian untuk masuk SMP.



2. ACG School Jakarta

Sekolah mahal lain adalah ACG School Jakarta. Sekolah internasional yang terletak di wilayah Warung Jati, Jakarta Selatan, ini menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan langsung dari Selandia Baru dengan pembelajaran bahasa Inggris.

Merujuk dari laman resminya, berikut rincian biaya ACG School Jakarta setiap tahun:

Biaya SPP
Kelas 1-2: Rp235 juta.
Kelas 3-6: Rp295 juta.
Kelas 7-11: Rp306,5 juta.
Kelas 12-13: Rp310,5 juta.
Biaya pendaftaran: Rp2,5 juta.
Biaya pembangunan: Rp37,6 juta.
Biaya transport: Rp19,3 juta per semester.
Biaya English Language Support (ELS): Rp37 juta per semester.

3. Jakarta Intercultural School (JIS)

Jakarta Intercultural School (JIS) masuk ke dalam jajaran sekolah dengan biaya pendidikan termahal. Pasalnya, sekolah yang terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, ini menerapkan program International Baccalaureate (IB) diploma dan Advanced Placement (AP).

Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga tak main-main. Diketahui JIS memiliki fasilitas seperti studio seni, auditorium, laboratorium komputer, perpustakaan, ruang musik, laboratorium sains, kolam renang, dan lapangan tenis.

Untuk menempuh studi di sekolah berlabel internasional ini, para orangtua harus menyiapkan uang sekitar Rp496,5 juta per tahun.



Total biaya pendidikan tersebut sudah termasuk uang masuk Rp22 juta per tahun, uang pendaftaran Rp5 juta, uang pengembangan sekolah Rp54,6 juta per tahun, dan uang sekolah sebesar Rp419 juta per tahun.

Tak hanya itu, ada juga biaya tambahan untuk aktivitas sekolah seperti LEAD Week, international sporting and cultural trips, perjalanan terkait mata pelajaran tertentu, ujian IB dan AP, kelulusan, instrumen musik, dan lain-lain.

Orangtua juga mengeluarkan biaya lain yaitu untuk transportasi sekolah dengan biaya mencapai Rp72,8 juta.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)