Ingat! Covid-19 Self Limiting Disease, Tak Butuh Obat-Obatan Khusus

Kamis, 02 September 2021 - 15:30 WIB
loading...
Ingat! Covid-19 Self Limiting Disease, Tak Butuh Obat-Obatan Khusus
Foto Ilustrasi/Webmd
A A A
JAKARTA - Selama masa pandemi, banyak sekali obat yang diklaim dapat menyembuhkan Covid-19 . Sayang, hingga saat ini belum ada obat yang efektif menyembuhkan Covid-19.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19 dr. Muhamad Fajri Adda'i melalui akun Instagram pribadinya mengatakan, obat-obatan yang diberikan pada pasien Covid-19 adalah obat yang sifatnya suportif.



"Obat suportif tersebut bisa meringankan gejala atau mendukung kerja sistem imun dalam melawan virus. Sebab, pada perinsipnya Covid-19 adalah penyakit yang disembuhkan dengan mengandalkan sistem imun tubuh (self limiting disease)," tulis dr. Fajri, dikutip Kamis (2/9).

Lebih lanjut dr. Fajri mengatakan, sebagian besar pasien Covid-19 akan mengalami gejala ringan dan sembuh karena sistem imun masing-masing sehingga tidak membutuhkan obat-obatan khusus.



"Walaupun memang nyatanya 20% dari yang tertular Covid-19 dapat bergejala berat, kritis, bahkan meninggal. Hingga saat ini belum ada satu pun obat yang terbukti secara ilmiah, efektif, dan aman untuk menyembuhkan Covid-19 selain obat-obatan suportif untuk meringankan keradangan dan gejala," tuntasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)