Pola Hidup Sehat Sedari Muda Bantu Hindari Risiko Osteoporosis

Jum'at, 03 September 2021 - 13:41 WIB
loading...
Pola Hidup Sehat Sedari Muda Bantu Hindari Risiko Osteoporosis
Pola Hidup Sehat Sedari Muda Bantu Hindari Risiko Osteoporosis. Foto/Medanta.
A A A
JAKARTA - Pola hidup sehat dari usia muda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya mengindari risiko osteoporosis .Dengan memiliki tulang yang sehat, Anda bisa terhindar dari risiko osteoporosis di usia tua.

Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi dari Universitas Indonesia, dr. Omar Lutfi, Sp.OT mengatakan, agar tulang kuat harus dijaga saat usia muda dengan kecukupan nutrisi, kalsium, vitamin D.

“Kemudian dijaga dengan sering berolahraga dan menghindari faktor-faktor lainnya yang bisa menyebabkan osteoporosis. Misalnya merokok, minum alkohol, itu kebiasaan yang kurang baik dan bisa membuat tulang keropos,” kata dr Omar dikutip dari Talk to the Expert yang digelar Spine Center RS Premier Bintaro, Jumat (3/9).

Baca Juga : Makanan Sehat Ala Cristiano Ronaldo yang Selalu Tampil Fresh dan Bugar

Sejak usia muda sampai 30 tahun-an, setiap orang disarankan untuk menabung tulang. Pasalnya, dengan beraktivitas yang bagus, makan yang bagus, kepadatan tulang akan tinggi.

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi & Traumatologi Indonesia (PABOI) itu menjelaskan puncak kepadatan tulang terjadi saat seseorang berusia 20 tahun-30 tahun dan akan berkurang setelah usia 35 tahun.

"Setelah di atas usia 35 tahun biasanya kepadatan tulang akan mulai berkurang. Tetapi bila saat muda kepadatannya bagus, pada umumnya ketika tua kita tabungannya masih banyak," jelas dr Omar.

Sementara itu, merokok dan minum alkohol tidak hanya berpengaruh pada kepadatan tulang tapi juga bisa meningkatkan risiko saraf terjepit.


“Merokok sangat signifikan mempengaruhi kepadatan tulang, kemudian saraf terjepit karena bantalan tulang yang rusak itu juga faktor dari merokok salah satunya,” tutup dr Omar.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)