Penyebab Gula Darah Tinggi pada Bukan Penderita Diabetes

Minggu, 12 September 2021 - 02:10 WIB
loading...
A A A
Gula darah tinggi juga hasil dari infeksi sebagai reaksi normal untuk mendukung kebutuhan organ seperti otak, ginjal, dan sel darah merah yang bergantung pada gula darah untuk energi, membantu respon sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Efek Samping Obat

Obat-obatan tertentu seperti katekolamin vasopresor seperti dopamin dan norepinefrin, imunosupresan seperti tacrolimus dan siklosporin, dan kortikosteroid dapat meningkatkan kadar gula darah dengan mengaktifkan enzim yang meningkatkan kadar gula darah dan mengganggu pelepasan dan aktivitas insulin untuk mengambil gula darah.

Pasien rawat inap yang menerima nutrisi melalui infus juga berisiko lebih tinggi mengalami gula darah tinggi, karena cairan nutrisi mengandung larutan gula untuk membantu memulihkan keseimbangan elektrolit. Konsentrasi cairan ini harus dipantau secara hati-hati pada pasien yang sakit atau dalam pemulihan dari operasi atau cedera untuk mencegah lonjakan gula darah lebih lanjut.

Kegemukan

Gula darah tinggi dikaitkan dengan obesitas karena kelebihan sel lemak mengganggu keseimbangan gula darah dan insulin. Sel lemak berlebih yang disebut adiposit melepaskan protein inflamasi, seperti interleukin dan faktor nekrosis tumor, yang meningkatkan resistensi tubuh terhadap insulin dengan mengaktifkan proses yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproduksi dan melepaskan insulin saat gula darah tinggi.

Kelebihan sel lemak juga menurunkan kemampuan untuk mengeluarkan glukosa dari darah untuk digunakan sebagai energi atau disimpan sebagai glikogen di dalam otot rangka. Dengan obesitas, peningkatan lipid, atau molekul asam lemak, mengaktifkan jalur yang mengganggu sinyal insulin di dalam otot.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2288 seconds (0.1#10.140)