Penyebab Gula Darah Tinggi pada Bukan Penderita Diabetes

Minggu, 12 September 2021 - 02:10 WIB
loading...
Penyebab Gula Darah Tinggi pada Bukan Penderita Diabetes
Gula darah tinggi juga bisa dialami pada mereka yang bukan penderita diabetes. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan membuat gula darah tinggi. Foto/Time Now News.
A A A
JAKARTA - Gula darah tinggi juga bisa dialami pada mereka yang bukan penderita diabetes . Kondisi ini umumnya disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu yang membuat gula darah melonjak.

Seseorang dikatakan memiliki gula darah tinggi jika kadar gula darah puasa lebih dari 125 mg/dL, atau lebih besar dari 180 mg/dL dua jam setelah makan.

Kondisi tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah dengan mengganggu kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa keluar dari aliran darah. Ketika ini terjadi, Anda mengalami gula darah tinggi, yang menyebabkan risiko pradiabetes, diabetes , dan komplikasi terkait.

Berikut penyebab gula darah tinggi pada bukan penderita diabetes dilansir dari Very Well Health, Minggu (12/9/2021).


Sindrom Cushing

Orang dengan sindrom cushing berada pada peningkatan risiko mengembangkan toleransi gula darah terganggu dan gula darah tinggi sebagai akibat dari peningkatan kadar kortisol di seluruh tubuh. Kortisol adalah hormon yang melawan efek insulin dengan menghalangi pengambilan gula darah dari aliran darah, sehingga meningkatkan resistensi insulin dan mempertahankan kadar gula darah tinggi. Peningkatan kadar kortisol juga sebagian menurunkan pelepasan insulin dari tempat produksinya di pankreas.

Obat kortikosteroid sering diresepkan untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh, tetapi dapat menyebabkan perkembangan sindrom cushing dan gula darah tinggi karena mengaktifkan enzim spesifik yang meningkatkan konversi molekul non-karbohidrat menjadi glukosa (glukoneogenesis). Kortikosteroid juga mengganggu fungsi sel pankreas dengan menghambat jalur sinyal sel yang terlibat dalam pelepasan insulin dari pankreas.

Penyakit Pankreas

Penyakit pankreas seperti pankreatitis, kanker pankreas dan cystic fibrosis dapat menyebabkan gula darah tinggi karena sel-sel pankreas rusak dalam kondisi ini. Insulin diproduksi dan dilepaskan dari sel-sel pankreas. Dengan peradangan dan kerusakan pankreas, sel-sel pankreas tidak lagi mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengeluarkan glukosa dari darah untuk mengontrol gula darah.

Sindrom ovarium polikistik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)