Ahli Ingatkan Tetap Jaga Pola Makan dan Pencegahan COVID-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:33 WIB
loading...
A A A
Pastikan pula Anda cukup terhidrasi. Akan lebih baik jika dalam piring makan Anda ada semangkuk sayuran untuk disantap. Konsumsi sayuran per hari minimal tiga porsi.

Sementara itu Peneliti Epidemiologi Eijikman Henry Surendra, SKM, MPH, PhD mengingatkan bahwa pandemi virus corona belum berakhir. Hal ini terlihat dengan ditemukannya tren global mencapai angka tertinggi kasus COVID-19.

Di Indonesia, tren kasus baru masih terus meningkat. Hal ini dikarenakan jumlah tes dengan PCR juga meningkat. Menurut data WHO, Henry menjelaskan, salah satu aspek yang paling penting untuk mengalahkan COVID-19 adalah melakukan banyak tes. ( )

Henry juga menyoroti kebijakan pemerintah yang tidak konsisten dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19 yang berpengaruh terhadap ketidakpatuhan masyarakat. “Sebelumnya mudik dilarang, 34 bandara dihentikan penerbangannya, namun belakangan ini dibuka kembali dan boleh pulang kampung dengan syarat-syarat tertentu," imbuhnya.

Situasi di Indonesia saat ini, menurut Henry, belum memungkinkan untuk melonggarkan PSBB dan upaya pengendalian lain. Sehingga Henry mengharapkan peran serta masyarakat dalam penularan COVID-19 di masyarakat. Protokol pencegahan penularan yang tepat adalah physical dan social distancing, menggunakan masker, menjaga higienitas tangan, serta membatasi mobilisasi.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)