Film yang Bikin Mikir Berikut Ini Bakal Mengajak Anda Memecahkan Teka-Teki

Rabu, 15 September 2021 - 21:31 WIB
loading...
Film yang Bikin Mikir Berikut Ini Bakal Mengajak Anda Memecahkan Teka-Teki
Film yang bikin mikir bukan hanya menyajikan hiburan buat penontonnya, tetapi juga bakal mengajak mereka memecahkan teka teki. / Foto: ilustrasi/jstor
A A A
JAKARTA - Film yang bikin mikir bukan hanya menyajikan hiburan buat penontonnya, tetapi juga bakal mengajak mereka memecahkan teka teki.

Pada dasarnya menonton film merupakan aktivitas menyenangkan yang banyak dipilih orang untuk melepas penat ataupun lelah. Akan tetapi, kali ini para penonton akan diajak berpikir keras.

Dengan jalan cerita yang menyimpan sejumlah teka-teki dan membutuhkan analisa tersendiri, Anda harus benar-benar memahami kisah dan juga pesan moral yang terkandung di dalamnya. Apabila Anda mampu memecahkan atau mendapatkannya, maka akan bakal merasa puas dan terhibur.

Baca juga: 4 Gejala Serangan Jantung yang Muncul Seminggu Sebelum Kejadian

Lantas, film apa saja yang mengajak para penontonnya untuk lebih berpikir dalam mengikutinya? Berikut rekomendasinya.

1. 12 Monkeys (1995)



Film lawas yang bercerita tentang masa depan dengan memanfaatkan isu 'time travel' atau menjelajahi waktu. Film-film yang berhubungan dengan perjalanan waktu tentu akan akan menggugah pikiran. Mekanisme perjalanan waktu dan konsekuensi fisiknya, sangat menarik bagi manusia sehingga para ilmuwan memiliki seluruh aliran pemikiran tentang konsekuensi teoritisnya. Salah satu eksplorasi yang paling brilian dari hasil perjalanan waktu adalah film tahun 1995 yang sangat trippy karya Terry Gilliam, 12 Monkeys.

12 Monkeys menampilkan Bruce Willis yang berperan sebagai seorang narapidana yang dipilih untuk misi perjalanan waktu sekitar tahun 2030-an. Tujuan dari misi ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang wabah dahsyat yang dirilis pada 1990-an. Setelah kembali, dia berpapasan dengan pasien gangguan jiwa maniak yang diperankan Brad Pitt.

Film ini benar-benar mendorong penonton untuk mempertanyakan manfaat perjalanan waktu, dan memeriksa konsekuensi memutar ruang dan waktu untuk kepentingan Anda sendiri.

Menampilkan salah satu penampilan terbaik Brad Pitt, film ini adalah petualangan gila dan trippy melalui ruang dan waktu. Pada akhirnya, film ini memperkuat gagasan tentang takdir dan sifat waktu yang tak tergoyahkan. Ada begitu banyak materi yang menggugah pikiran untuk dibongkar dalam film ini.

2. Memento (2000)



Memento merupakan salah satu film yang sangat layak ditonton apabila Anda menyukai film dengan genre thriller yang memiliki jalan cerita dan suasana mencekam yang menarik.

Baca juga: Bolehkah Suntik Vitamin setelah Divaksin Covid-19?

Film garapan sutradara Christopher Nolan tersebut menceritakan tentang Leonard (Guy Pearce), seorang pria amnesia yang tidak dapat membangkitkan ingatan baru. Sementara itu, dia sedang dalam misi untuk melacak pembunuh istrinya, jadi dia harus menato petunjuk yang dipelajarinya di tubuhnya sendiri.

Memento adalah sebuah film yang menghadirkan sketsa adegan pendek, diceritakan dalam urutan terbalik, sehingga penonton tidak pernah tahu persis apa yang terjadi di puncak adegan, seperti Leonard. Ini adalah konsep ambisius dan cerdas yang akan memberikan hasil yang mengejutkan. Hingga saat ini, jalan cerita Memento selalu berhasil menarik dan mengundang analisis serta diskusi yang panjang.

3. Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)



Bagaimana jika Anda memiliki kemampuan untuk menghapus semua kenangan masa lalu dari mantan kekasih? Maukah Anda melakukannya? Inilah pertanyaan yang coba dijawab Michel Gondry dengan menggunakan naskah yang ditulis Charlie Kaufman.

Eternal Sunshine of The Spotless Mind adalah film yang mengeksplorasi gagasan tentang ingatan, cinta, dan bagaimana kita mewarnai ingatan masa lalu berdasarkan pengalaman masa kini. Ini adalah ide-ide yang menarik dan kompleks untuk sebuah drama romantis untuk ditangani, yang dibalut dalam kisah haru dan memilukan.

Baca juga: Alip Ba Ta Another Day Diulas Sesama YouTuber Musisi: Oktaf Senarnya Beda

Jim Carrey memerankan Joel, seorang pria yang memilih untuk menghapus semua kenangan mantan pacarnya Clementine (Kate Winslet) setelah dia mengetahui bahwa dia menjalani operasi yang sama. Namun dalam prosesnya, dia belajar bahwa mungkin menyimpan kenangan menyakitkan adalah bagian dari menjadi manusia. Sarat makna dan akan membuatmu berpikir.

4. Stranger than Fiction (2006)



Stranger than Fiction memiliki premis yang langsung menarik dan akan mengajak Anda berpikir: bagaimana jika, suatu hari, Anda mulai mendengar narator menceritakan setiap peristiwa dalam hidup Anda, secara real time? Lebih buruk lagi, bagaimana jika narator itu mulai memprediksi kematian Anda yang akan segera datang?

Film menceritakan tentang Harold Crick (Will Ferrell) yang mulai mendengar narasi hidupnya sendiri, dan memutuskan untuk membebaskan diri dari jalan yang telah dipilihkan takdir untuknya. Ini adalah ide yang sangat cerdas untuk sebuah film. Menonton film ini, sulit untuk tidak mulai memikirkan hidup Anda sendiri. Apakah Anda menempa jalan Anda sendiri, atau apakah Anda hanya mengikuti jalan yang telah ditentukan takdir untuk Anda?

Menariknya, film dengan jalan cerita dan makna filosofis ini dikemas dalam bentuk komedi. Bukan sembarang komedi, ini adalah komedi yang akan membuat Anda berpikir tentang hidup Anda sendiri, dan juga mungkin takdir yang sedang ditulis tentang Anda.

5. Searching (2018)



Di tengah era serba digital seperti saat ini, internet rasa-rasanya dianggap sebagai sesuatu yang mampu membantu manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Fenomena itulah yang diangkat oleh film Searching.

Jalan cerita film mengisahkan tentang perjalanan seorang ayah, diperankan John Cho, yang mencari putrinya yang hilang. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet masa kini, John Cho mencoba melacak dan mencari jejak keberadaan putrinya.

Baca juga: Fungsi Vitamin D, Benarkah Bisa Meningkatkan Imunitas?

Menariknya, alur cerita dalam film ini disajikan melalui berbagai layar monitor dan aplikasi. Di mana penonton serasa akan diajak untuk ikut berpetualang bersama John Cho melalui internet untuk menemukan putrinya dan ikut berpikir memecahkan petunjuk demi petunjuk yang terdapat di internet.

Itulah deretan film yang selain menghibur, juga akan membuat anda yang menonton menjadi mikir keras. Tertarik untuk menonton film-film tersebut?
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)