Ini Penyebab Diabetes Selain Banyak Makan

Kamis, 16 September 2021 - 09:02 WIB
loading...
A A A
Lemak yang tertumpuk inilah yang menyebabkan obesitas dari waktu ke waktu. Terlalu banyak duduk di meja kerja atau mengikuti kelas online adalah penyebabnya. Seseorang harus bangun dari kursi dan berjalan di sekitar lingkungan rumah untuk menjaga tubuh tetap bergerak dan menghindari risiko obesitas.

4. Genetika

Faktor genetik berperan dalam penyebab obesitas. Sebab gen menentukan bagaimana tubuh memproses lemak dan menyimpannya. Seperti halnya diabetes dan PCOS yang bersifat genetik. Seseorang berisiko lebih tinggi mengalami obesitas jika kedua orang tuanya juga mengalami obesitas.

Kekurangan hormon seperti leptin yang berfungsi memerintahkan tubuh untuk makan lebih sedikit saat simpanan lemak tinggi dapat menyebabkan obesitas seiring waktu. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup leptin, keseimbangan akan hilang dan obesitas dapat muncul.

5. Stres dan kecemasan

Emosi dan perubahan suasana hati sering kali memengaruhi pola makan. Kebiasaan ini dapat menyebabkan obesitas seiring waktu. Kondisi ini juga bisa terjadi karena kebosanan. Namun, yang membuat stres makan menjadi perhatian adalah risiko gangguan makan dalam beberapa kasus.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)