Resep Panjang Umur, Jadilah Pendengar yang Baik

Jum'at, 17 September 2021 - 03:13 WIB
loading...
A A A
"Hasil studi ini sangat menarik karena efek persahabatan belum diteliti sebagai faktor pencegahan potensial dalam kondisi seperti Alzheimer," kata peneliti.

Di sisi lain, Psikolog Irene S. Levine menerangkan bahwa ketika Anda mampu mengekspresikan kegembiraan dan frustasi, dan merasa didengarkan serta diterima, itu salah satu dasar dari persahabatan yang erat.

"Kita semua ingin merasa dipahami dan dapat berbagi kepada orang lain tanpa harus berpura-pura. Sahabat atau orang terkasih tidak hanya dapat membantu Anda memecahkan masalah, tetapi mereka yang mampu mendengarkan akan lebih minim stres," katanya, dikutip dari HuffPost UK.

"Pada beberapa kasus sahabat ingin sekali bisa membantu, tetapi pada momen tertentu, cukup mendengarkan saja itu sudah bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik dan bahkan bisa dianggap menyelesaikan masalah," tambah Levine.

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

Levine coba memberikan sedikit tips agar Anda bisa menjadi pendengar yang baik, berikut selengkapnya.

1. Jangan pernah melakukan kegiatan lain saat sedang mendengarkan. Fokuslah pada sahabat Anda yang sedang curhat. Jadi, sangat disarankan tinggalkan dulu aktivitas Anda lalu pilih duduk bersama dengan si sahabat tanpa ada ponsel di samping kalian.

2. Sisihkan waktu yang cukup untuk mendengarkan. Jangan membuat obrolan terkesan terburu-buru.

3. Cobalah untuk menahan diri untuk menceritakan penderitaan Anda yang menurut Anda itu lebih menyedihkan dari apa yang diceritakan sahabat Anda. Saat menjadi pendengar, biarkan semua cerita keluar dari satu mulut, jangan malah membandingkan dengan kisah yang Anda punya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)