AIA Live 2021 Hadir Kembali untuk Dukung Masyarakat Jaga Kesehatan Mental

loading...
AIA Live 2021 Hadir Kembali untuk Dukung Masyarakat Jaga Kesehatan Mental
Foto: Dok. AIA
Pandemi Covid-19 memberi banyak pelajaran pada kita. Selain dianjurkan terus menjaga kesehatan fisik, juga disarankan menjaga kesehatan mental. Mengingat, pandemik, tidak hanya mengikis kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Bahkan ahli kesehatan mental mengatakan krisis kesehatan mental bisa menjadi dampak sekunder dari pandemi Covid-19. Kondisi ini sangat rentan terjadi pada kelompok usia muda.

Tentunya kondisi rentan merosotnya kesehatan mental ini harus diantisipasi. Salah satunya melalui edukasi yang meluas pada masyarakat, seperti yang dihadirkan oleh AIA melalui AIA Live 2021.

AIA Live melalui kanal YouTube: AIA Healthy Living pada Minggu (12/09/2021), menghadirkan sejumlah narasumber menarik serta siap berbagi edukasi dan pengalaman. Salah satu bintang tamu yang memberi pencerahan menarik adalah Ahli Syaraf dan penulis buku dr. Ken Mogi, Chef Jeremy Pang, atlet Malaysia dan mantan juara dunia squash Nicol David, dan Tim Pelatih Klub Sepakbola Tottenham Hotspur (Spurs). Selain itu AIA Global Ambassador David Beckham, para Ambassador regional AIA, dan para bintang tamu lainnya dihadirkan.

AIA Live 2021 Hadir Kembali untuk Dukung Masyarakat Jaga Kesehatan Mental

Foto: Dok.YouTube AIA Healthy Living



Acara ini merupakan respons AIA terhadap pandemi Covid-19 yang masih bergulir. Tentunya AIA Live turut menekankan kembali tentang pentingnya kesehatan, kebugaran, dan proteksi untuk saat ini.

dr. Ken Mogi yang merupakan seorang neuroscientist, penulis, dan broadcaster dari Jepang berbagi informasi tentang pola hidup dengan konsep Ikigai yang erat kaitannya dengan kesehatan mental. Lewat sesi yang bertajuk ‘Finding Purpose: The 5 Pillars of Ikigai’, ia menerangkan mengenai Ikigai. Secara harfiah, Ikigai berarti alasan untuk hidup.

Ken menjelaskan bahwa Ikigai adalah sebuah konsep tentang the purpose of life atau tujuan hidup. Namun sebenarnya Ikigai sendiri sangat luas definisinya. Hal-hal sederhana yang bikin bahagia, seperti minum kopi atau mendengarkan musik favorit itu pun bisa disebut Ikigai. Ikigai juga bisa berarti tujuan besar dalam hidup, seperti memiliki impian punya bisnis yang maju atau membeli rumah idaman.

Untuk memahami lebih dalam tentang konsep ini, Ken menjelaskan lima pilar dalam menemukan Ikigai. Pertama, mulailah dari hal-hal sederhana, lalu bebaskan diri Anda, selanjutnya biarkan mengalir begitu saja, kemudian buatlah hal-hal kecil yang membuat Anda merasa bahagia, dan terakhir, adalah be present and in the now atau ingatlah Anda sudah berada di titik ini dan masa kini.

AIA Live 2021 Hadir Kembali untuk Dukung Masyarakat Jaga Kesehatan Mental

Foto: Dok.YouTube AIA Healthy Living
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top