AIAPedia: Peran Asuransi di Tengah Pandemi, Lebih dari Membayar Klaim

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 11:07 WIB
loading...
AIAPedia: Peran Asuransi di Tengah Pandemi, Lebih dari Membayar Klaim
Foto: Dok AIA
A A A
JAKARTA - Situasi pandemi yang terjadi hampir dua tahun terakhir ini, membuat kita belajar bahwa menjaga kesehatan sangat penting. Hal ini turut berdampak positif terhadap kesadaran masyarakat utuk memiliki asuransi. Sebagai antisipasi agar kita bisa tetap tenang saat terjadi risiko.

Namun, banyak juga yang belum memahami, kapan kita butuh menyiapkan asuransi dan bagaimana langkah mudah untuk mendapatkan produk asuransi yang tepat. Apalagi saat ini begitu banyak penyedia asuransi dengan produk yang sangat beragam.

Sebelum memiliki atau membeli produk asuransi tentu sebaiknya kita mengetahui dan memahami asuransi. Secara prinsip asuransi adalah proteksi, yakni sebuah produk yang memberikan bantuan perlindungan jika sesuatu terjadi di masa yang akan datang. Dengan demikian asuransi adalah untuk memberikan perlindungan jangka panjang, termasuk dengan perencanaan finansial untuk masa depan.

Karena perlindungan yang diberikan asuransi adalah untuk risiko yang mungkin terjadi pada sembarang waktu yang tidak terduga di masa depan, maka asuransi mengamankan kondisi finansial kita.

Mengenal Penyedia Asuransi dengan Baik
Ketika calon nasabah menggali informasi sebanyak-banyaknya, calon nasabah secara tidak langsung juga akan berkenalan dengan pihak penyedia asuransi, termasuk dapat melihat bagaimana komitmen dan kinerjanya selama ini. Karena, sangat penting untuk melihat latar belakang perusahaan asuransi yang kredibel dan terpercaya, terutama dalam hal komitmen pembayaran klaim nasabah.

Dengan berkenalan lebih jauh serta menggali informasi sebanyak-banyaknya, diharapkan calon nasabah dapat memilih produk asuransi yang tepat untuk proteksi masa depannya. Ragam produk yang sesuai kebutuhan juga perlu dipelajari secara cermat.



Memilih Asuransi yang Tepat
Untuk masyarakat yang masih awam terhadap asuransi, sebaiknya menentukan tujuan dari memiliki asuransi, apakah proteksi jangka panjang, pertimbangan investasi, dan sebagainya. Sehingga sangatlah penting untuk mempelajari lebih dulu produknya. Selain itu lakukan riset terhadap perusahaan asuransi agar dapat memilih perusahaan yang kuat secara finansial dan reputasi yang baik.

Kita juga perlu mengenal agen asuransi dengan baik. Artinya, calon nasabah harus bisa menggali lebih banyak tentang produk yang akan dibeli. Jadi, silakan tanya sebanyak-banyaknya kepada agen asuransi Anda, dan kumpulkan informasi selengkap mungkin agar Anda sebagai nasabah paham akan manfaat asuransi.

Selanjutnya, nasabah juga bisa memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk mulai punya asuransi. Hal ini akan bergantung dengan ragam kebutuhan dari calon nasabah. Karena berbeda kebutuhan, akan berbeda pula jenis produk perlindungan yang sebaiknya dimiliki. Misalnya, kebutuhan proteksi keluarga muda tentu tidak akan sama dengan kebutuhan profesional yang masih single. Karena itulah produk asuransi juga dikenal dengan produk personal, karena semua tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Namun perlu dipahami, asuransi sebaiknya disiapkan sejak dini, karena risiko bisa terjadi kapan saja.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1703 seconds (10.177#12.26)