Upaya Hamish Daud Atasi Persoalan Sampah lewat Octopus

loading...
Upaya Hamish Daud Atasi Persoalan Sampah lewat Octopus
Hamish Daud menunjukkan kepedulian pada persoalan sampah dan cara mengatasinya dengan mendirikan Octopus. Foto/Istimewa
JAKARTA - Hamish Daud sekali lagi menunjukkan kepedulian pada persoalan sampah dan cara mengatasinya dengan mendirikan Octopus bersama sejumlah rekan. Octopus adalah platform ekonomi sirkular yang bakal memberikan solusi bagi masyarakat dalam mengatasi masalah sampah bekas konsumsi (post consumed products).

Menurut Hamish yang merupakan Co-Founder Octopus, aplikasi ini dibentuk untuk membantu mengatasi masalah sampah, yang memungkinkan pengguna atau konsumen mengirimkan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang menjadi produk yang bernilai jual.

Baca Juga: Pandemi Tak Halangi Aktor Handika Pratama Kembangkan Warkop Naik Kelas

“Kami menyediakan layanan penjemputan untuk kemasan paska konsumsi melalui aplikasi Octopus,” kata Hamish melalui siaran pers, Jumat (24/9/2021).



“Mimpi kami adalah Octopus menjadi solusi paling efektif untuk industri dalam mengatasi masalah suplai material daur ulangnya,” lanjut suami Raisa itu.

Hamish yang bertindak sebagai Chief of Partnership Octopus menjelaskan, Octopus memiliki tiga mobile apps yaitu untuk pengguna (konsumen), pelestari (kolektor sampah), dan checkpoints (usaha jual beli kemasan bekas). “Ketiga aplikasi ini telah bersinergi dengan sangat baik,” imbuhnya.

Hamish menambahkan, Octopus menyediakan data yang berguna untuk industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) serta menyediakan solusi bagi industri kemasan. Karena memiliki tiga mobile apps yang mensinergikan tiga pihak, Octopus diyakini akan memiliki nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat.

Aplikasi Octopus juga memuat cara mengelola sampah tertentu, misalnya popok bekas dan kaca. "Kita bantu konsumen untuk mengubah gaya hidupnya,” ujar ayah satu anak itu.

Guna menarik minat anak muda untuk bergabung mengelola sampah melalui Octopus, aplikasi ini telah menjalin kolaborasi dengan pihak lain yang relevan dengan gaya hidup kekinian.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top