Yuk! Hilangkan Stres dan Tingkatkan Kualitas Hubungan Keluarga di Masa Pandemi seperti Saat Ini

Rabu, 29 September 2021 - 19:05 WIB
loading...
Yuk! Hilangkan Stres dan Tingkatkan Kualitas Hubungan Keluarga di Masa Pandemi seperti Saat Ini
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Salah satu yang diukur adalah dampak psikologis masyarakat akibat pandemi. Hasilnya, 74,9% responden mengalami stres, 21,5% gangguan kecemasan, dan 3,5% depresi.

Setelah hampir dua tahun, masalah kesehatan mental bukan tidak mungkin menjadi lebih buruk. Misalnya, orang yang tadinya hanya stres, kini berubah cemas, dan yang awalnya cemas meningkat menjadi depresi.

Psikolog dan Akademisi dari Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim M.Psi mengatakan, kecemasan luar biasa yang berujung pada stres itu dapat berdampak terhadap keluarga.



“Semasa pandemi, memang banyak orang yang mengalami kecemasan yang luar biasa hingga menimbulkan stres yang turut berdampak pada keluarga. Menghilangkan stres atau kecemasan ini dapat dilakukan dengan menciptakan banyak kegiatan yang menyenangkan,” kata Dr. Rose pada SINDOnews, Rabu (2/9/2021).

Dr. Rose Mini mengatakan, salah stau kegiatan yang dapat dilakukan adalah mengeksplorasi masakan atau menyiapkan makanan sendiri, yang juga memberikan banyak nilai lebih bagi individu di masa pandemi. Salah satu manfaatnya, yaitu peningkatan kualitas hubungan keluarga di rumah dan menghilangkan stres atau kecemasan.

Penyanyi Isyana Sarasvati mengaku, dengan mengeksplorasi masak-memasak ia menjadi jago memasak dan sang suami, Rayhan Maditra Indrayanto, makin menyukai masakan-masakannya, terutama pasta steak dan nasi goreng ala Isyana.

"Iya dong (masak), selama masa pandemi juga aku emang suka mengeksplorasi masak-memasak, jadi makin jago," kata Isyana dikutip dari kanal YouTube Starpro Indonesia, Senin (19/4/2021).

"Jadi aku masakin, alhamdulillah dia paling suka kalau aku masakin pasta steak dan nasi goreng ala Isyana," imbuhnya.

Nah, bagaimana dengan Anda? Jika Anda ingin menghilangkan kecemasan dan meningkatkan kualitas hubungan dengan keluarga, coba pakai Exclusive eMShop x Locknock 8in1 Knife Set untuk memasak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)