Membuat Ruang Tidur yang Nyaman, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan

Kamis, 30 September 2021 - 13:41 WIB
loading...
Membuat Ruang Tidur yang Nyaman, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan
(Foto doc Okezone)
A A A
JAKARTA - Sebagai ruang paling privat di dalam rumah, ruang tidur sudah seharusnya menjadi tempat paling nyaman bagi penghuninya. Bukan sekadar nyaman untuk beristirahat sebagai fungsi utama, namun juga untuk beberapa aktivitas yang lain, seperti bersantai , membaca, termasuk aktivitas yang paling pribadi.

Ukuran lebar dan luas ruang tidur bisa bersifat relatif. Artinya kenyamanan dapat diciptakan meskipun ukuran ruang tidur Anda tidak terlalu luas. Ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat ruang tidur yang nyaman.

1. Perhatikan pencahayaan
Elemen pencahayaan penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi mood. Gunakan lampu yang dapat diatur intensitas redup-terangnya. Saat Anda hendak tidur pencahayaan dapat dipilih yang redup supaya nyaman, sedangkan saat merapikan ruang tidur atau aktivitas lainnya tentu Anda membutuhkan pencahayaan lebih terang.

Atur pula jarak antar lampu tepat sesuai ukuran kamar dan kebutuhan lainnya. Jangan lupa warna pencahayaan juga dapat diatur. Gunakan lampu meja kecil di sisi ranjang untuk membaca dan bersantai. Saat ini dengan kemajuan teknologi, baik intensitas cahaya maupun durasi dapat diatur melalui aplikasi digital.

2. Gunakan aroma terapi
Pengharum ruangan mempengaruhi kenyamanan. Maka gunakan pengharum kamar bukan sekadar untuk menghilangkan bau, melainkan juga yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan memperbaiki mood. Karena itu gunakan aroma terapi. Anda dapat memilih aroma sesuai selera, mulai dari rempah, bunga, dedaunan, atau lainnya.

Cara penyebaran harumnya pun ada beberapa pilihan, mulai dari minyak esensial yang dipanaskan di atas api kecil atau menggunakan listrik, pengharum yang menggunakan gelombang ultrasonic, ada juga menggunakan nebulizer atau vaporizer. Yang terakhir ini tanpa membutuhkan panas atau air. Sistem kerja aromaterapi ini serupa alat penyemprot parfum, dengan cara difusi partikel halus.

Seperti juga lampu, intensitas dan durasi pengharum ruangan aroma terapi dapat diatur melalui aplikasi digital.

3 . Lapisi lantai dengan karpet
Untuk menambah kenyamanan saat untuk bersantai, lapisi lantai ruang tidur Anda dengan karpet. Karpet yang lembut. Karpet tidak hanya melindungi kontak langsung telapak kaki atau tubuh Anda dengan lantai saat bersantai, tetapi juga merupakan elemen penting yang mampu mempercantik interior. Pilihan warna dan corak yang tepat akan menciptakan kesan ruang tidur Anda jadi lebih elegan dan luas.

4. Letakkan bunga untuk menyegarkan mata
Elemen bunga memberi kesegaran, keindahan, dan kesan natural serta menghidupkan imajinasi tertentu yang ingin Anda nyatakan. Anda bisa meletakkan bunga di salah satu sudut kamar bila ingin menghadirkan kesan tersebut. Aroma harum yang menguar dari kelopak bunga menjadi nilai tambah lain lagi bila Anda menginginkannya.

5. Letakkan rak buku mungil
Ruang tidur juga bisa menjadi tempat yang nyaman untuk membaca buku. Karena itu letakkan rak mungil di sisi ranjang atau lemari pakaian untuk menaruh buku sehingga Anda mudah menjangkaunya saat ingin membaca. Rak buku mungil juga bisa menjadi elemen mempercantik ruang tidur Anda, termasuk buku-buku yang bagus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)